Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Trafik Data XL Axiata (EXCL) Naik 15% di Momen Nataru

XL Axiata (EXCL) mencatat peningkatan trafik 15% selama periode Natal dan Tahun Baru 2024.
XL Axiata (EXCL) mencatat peningkatan trafik 15% selama periode Natal dan Tahun Baru 2024.
XL Axiata (EXCL) mencatat peningkatan trafik 15% selama periode Natal dan Tahun Baru 2024.

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten telekomunikasi PT XL Axiata Tbk. (EXCL) mencatat peningkatan trafik 15% pada momen libur Natal dan Tahun Baru 2024 di 24 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024. 

Direktur & Chief Teknologi Officer EXCL I Gede Darmayusa menuturkan rata-rata trafik layanan pada periode Natal dan Tahun Baru meningkat sebesar 15% dibandingkan hari normal, dan meningkat 19% dibandingkan periode Natal dan Tahun Baru sebelumnya. 

"Puncak kenaikan trafik layanan terjadi pada malam tahun baru yang mencapai 90% dibandingkan kondisi hari normal," kata Gede dalam keterangan resminya, Jumat (5/1/2024).

Dia melanjutkan layanan streaming mendominasi lonjakan kenaikan trafik layanan. Sebaliknya, trafik layanan legacy, yaitu percakapan (voice) hanya mengalami kenaikan sebesar 1% dan SMS sebesar 8% dibandingkan hari biasa.

Menurut Gede, XL Axiata telah menyiapkan jaringan sejak jauh-jauh hari untuk melayani dan menjaga kenyamanan pelanggan selama libur panjang Natal dan Tahun Baru 2024. Kesiapan jaringan ini menjadi komitmen XL Axiata dalam menjaga kualitas layanan sepanjang libur panjang akhir tahun 2023, termasuk perayaan Natal dan pergantian tahun baru. 

"Seperti yang kami prediksikan sebelumnya, ada kenaikan trafik data yang signifikan mengingat terjadi mobilitas masyarakat yang meningkat di berbagai wilayah untuk merayakan dan menikmati liburan Natal dan Tahun Baru,” ucap Gede.

Gede menuturkan EXCL juga bersyukur selama periode liburan tersebut jaringan kami tetap prima, tidak mengalami gangguan yang berarti. Menurutnya, sebelum periode liburan tersebut XL Axiata sudah melakukan sejumlah langkah antisipatif. 

Langkah tersebut seperti peningkatan kapasitas hingga dua kali lipat, pengerahan mobile BTS (MBTS), menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya.

Data EXCL juga menunjukkan tingginya aktivitas digital yang dilakukan pelanggan dalam mengisi masa liburan Nataru. Trafik data di area pemukiman di Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya tetap menunjukkan kenaikan sekitar 15% dibandingkan hari normal. 

Adapun kota atau kabupaten dengan kenaikan trafik tertinggi adalah Kabupaten Cirebon naik 30%, lalu Kota Surabaya,naik 22%, dan Kabupaten Bogor naik 18%.

Berdasarkan provinsi, kenaikan trafik tertinggi terjadi di Provinsi Jawa Tengah sebesar 21% dan Sumatera Utara dengan kenaikan hingga 16%. Selanjutnya provinsi Jawa Barat sebesar 14%, dan berikutnya propinsi Jawa Timur 11%. 

Area tujuan wisata popular juga mengalami kenaikan trafik data yang cukup signifikan. Di Kawasan Malioboro, Daerah Istimewa Yogyakarta, trafik data naik hingga 198% dibandingkan hari normal. Di Pantai Pangandaran, Provinsi Jawa Barat naik hingga 143%, dan di Pantai Sawarna Provinsi Banten naik 128%.

Jumlah pelanggan XL Axiata yang keluar negeri memanfaatkan program-program XL Axiata selama liburan Nataru mencapai sekitar 310.000 pelanggan, mengalami kenaikan sekitar 5% dari tahun sebelumnya. Negara yang paling banyak dikunjungi Singapora, Malaysia, dan Kamboja.

Gede juga menjelaskan trafik layanan data selama periode Natal dan tahun baru didominasi oleh trafik dari layanan atau aktifitas streaming, disusul file access, dan game. Trafik layanan streaming mengalami peningkatan sebesar 10% dibandingkan trafik pada hari normal, sementara trafik game meningkat sebesar 68%.

Khusus sejumlah platform media sosial populer, trafik Facebook meningkat sebesar 10-15% dari hari normal, sementara Instagram 23%. Pada layanan berbagi video, trafik pada YouTube meningkat 8%, dan Tiktok 4%. Pada layanan penyampai pesan, trafik WhatsApp naik 30%.

Selanjutnya, untuk trafik streaming musik, layanan Spotify dan Joox masih sama dengan hari normal. Untuk gim, trafik tertinggi ada pada Roblox sebesar 106% dari hari normal. Lalu Mobile Legends naik 73%. 

Pada layanan streaming film, trafik Netflix naik 35% dibandingkan hari normal, WeTV, 39%, Amazon Prime Video, 29%, dan Disney+, 13%. 

Selama masa libur panjang trafik layanan peta juga meningkat. Waze GPS meningkat sebesar 40%, dan Google Maps meningkat sebesar 23%, sementara trafik Apple Map sama dengan hari normal.

Untuk layanan XL Home juga mengalami kenaikan trafik sebesar 12-15% jika dibandingkan dengan hari normal.  Hal ini disebabkan karena masyarakat juga banyak yang menikmati liburan natal dan tahun baru di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper