Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gojek Paparkan Strategi Capai Ebitda Positif pada 2023

Gojek, unit bisnis PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO), membeberkan strategi untuk mencapai target EBITDA positif pada kuartal IV/2023.
Gojek, unit bisnis PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO), membeberkan strategi untuk mencapai target EBITDA positif pada kuartal IV/2023. /Gojek
Gojek, unit bisnis PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO), membeberkan strategi untuk mencapai target EBITDA positif pada kuartal IV/2023. /Gojek

Bisnis.com, JAKARTA - Gojek, unit bisnis ride on demand, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) membeberkan strategi mereka untuk mencapai target EBITDA positif pada Kuartal IV/2023.

Presiden Unit Bisnis On-Demand Service GoTo, Catherine Hindra Sutjahyo membeberkan Gojek memiliki tiga strategi mulai dari inovasi teknologi, variasi produk, dan dukungan untuk mitra.

"Tahun ini, kami telah menyiapkan tiga strategi utama untuk terus menjadi layanan on-demand andalan sekaligus mendukung akselerasi profitabilitas Grup GoTo,” ungkap Catherine, di kantor Gojek, Selasa (28/2/2023).

Catherine mengatakan startegi pertama adalah inovasi teknologi. Gojek memiliki teknologi machine learning untuk memberikan rekomendasi makanan dan strategi promo tepat sasaran di GoFood, perluasan akses untuk memesan GoFood (GoFood di Tokopedia, web ordering), Jadwalin GoFood, hingga fitur GoSend untuk estimasi ongkir lebih cepat dan draft order serta penjadwalan pesanan GoBox.

Gojek juga akan melengkapi layanan dengan fitur opsi Alokasi Prioritas bagi pelanggan. Gojek juga ajan memberikan GoPay Coins yang tepat sasaran.

Strategi kedua, lanjut Catherine,pihaknya akan mengembangkan beberapa variasi produk untuk berbagai segmen pelanggan. Misalnya, untuk merambah segmen pelanggan baru, GoFood menghadirkan fitur Mode Hemat yang memberikan opsi gratis maupun diskon ongkir bagi pelanggan.

Untuk layanan transportasi, Gojek terus melakukan ekspansi GoTransit untuk mempermudah mobilitas multi-moda, serta menghadirkan layanan premium seperti GoCar Luxe dan GoRide XL.

"Di layanan logistik, Gojek luncurkan layanan GoSend Car untuk pengiriman barang besar hingga kargo untuk ukuran maksimal 100 kg," tambahnya.

Ketiga, Gojek akan memberikan dukungan bagi mitra untuk dampak jangka panjang. Gojek akan mengeluarkan beragam inisiatif seperti pelatihan, program dukungan dan pengembangan komunitas

Sementara, untuk mitra driver, Gojek memperluas manfaat melalui Gojek Swadaya, Bengkel Belajar Mitra, serta Tips Pintar di aplikasi GoPartner.

Adapun, untuk mitra usaha kuliner, Gojek akan menambah modul pembelajaran baru di Komunitas Partner GoFood (Kompag). Disisi lain, untuk online seller, Gojek mendorong komunitas Best Seller GoSend.

Sebelumnya, Direktur Utama Goto Gojek Tokopedia Andre Soelistyo optimistis perseroan dapat mencetak profit lebih cepat. Menurutnya GOTO dapat mempercepat target positif untuk margin kontribusi pada kuartal I/2023. Sasaran itu jauh lebih cepat empat kuartal dibandingkan dengan proyeksi sebelumnya.

“Perseroan harus menempuh langkah baru yang memprioritaskan profitabilitas secara berkesinambungan di atas pertumbuhan pesat. Hal ini dicapai dengan terus melakukan inovasi produk yang memastikan nilai jangka panjang,” katanya Kamis, (16/2/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper