Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Update Teranyar! 5 Emiten Ini Danai Startup Indonesia, Telkom (TLKM) Kucurkan Rp6,19 Triliun

PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM) berhasil menggandeng investor untuk danai 25 startup Indonesia senilai US$399 juta atau senilai Rp6,19 triliun.
Artha Adventy
Artha Adventy - Bisnis.com 20 November 2022  |  16:00 WIB
Update Teranyar! 5 Emiten Ini Danai Startup Indonesia, Telkom (TLKM) Kucurkan Rp6,19 Triliun
Pendar cahaya dari lampu gedung Telkom Landmark Tower, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. - tlt.co.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Beberapa  tengah gencar menyuntik dana bagi sejumlah peusahaan rintisan atau bisnis stratup di Indonesia. Tak ingin ketinggalan, emiten pelat merah PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM) berhasil menggandeng investor untuk danai 25 startup Indonesia senilai US$399 juta atau senilai Rp6,19 triliun. Kucuran dana segar tersebut akan dilakukan melalui anak usahanya yaitu MDI Ventures.

Direktur utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah menjelaskan jika proses pendanaan tersebut sudah dimulai sejak Juli 2022, saat Telkom Group mempertemukan ratusan startup nasional dengan jajaran investor, baik lokal maupun internasional, dari berbagai belahan dunia.

Rencananya, dana senilai Rp6,19 triliun itu bakal digunakan untuk pendanaan seri lanjutan (A-C), sementara sisanya merupakan pendanaan tahap awal.

“Pendanaan investasi tersebut sengaja dilakukan Telkom sebagai bentuk dukungan terhadap kemajuan ekonomi digital di Indonesia,” kata Ririek dalam keterangan resmi, Sabtu (19/11/2022).

Pendanaan yang besar tersebut, disebut Ririek, menunjukkan bahwa para investor memiliki kepercayaan tinggi terhadap iklim perkembangan ekonomi digital di Indonesia dan startup dalam negeri dipercaya memiliki daya saing global dan potensi pasar yang kuat.

"Kami percaya bahwa Telkom memiliki peran sebagai salah satu tulang punggung digitalisasi Indonesia. Oleh karena itu, kami terus bersikap proaktif dalam membaca potensi pasar dan menilik berbagai peluang untuk melakukan ekspansi bisnis, " kata dia.

Selain TLKM, tren pendanaan startup juga dilakukan beberapa emiten, yaitu ASII. Astra Interational telah mengucurkan dana kepada tiga perusahaan startup sinilai US$335 juta. Rincian investasi tersebut yaitu Gojek sebesar US$250 juta, Sayubox sebesar USD50 juta dan Halodoc senilai US$35 juta.

Kemudian emiten dengan kode saham EMTK yang telah menyuntikkan dana sebesar Rp3,08 triliun kepada PT Grab Teknologi Indonesia. EMTK juga menjadi pemegang saham langsung BUKA dan pemegang saham tidak langsung penyedia aplikasi dompet digital DANA, PT Elang Andalan Nusantara.

Sinar Mas Grup melalui DSSA juga menyuntik penyedia layanan DANA tersebut. Selain itu Sinar Mas juga membentuk unit bisnis investasi bernama Living Lab Ventures yang akan mendanai startup potensial.

Emiten milik Sandiaga Uno STRG juga berpartisipasi dalam putaran pendanaan perusahaan e-commerce, Sirclo senilai US$36 juta. Selain itu Saratoga juga ikut andil dalam IPO Provident Acquisition Corp., sebuat special purpose acquisition company (SPAC).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tlkm ekonomi digital asii StartUp emtk sinar mas grup sandiaga uno
Editor : Ibad Durrohman
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top