Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Tips Investasi Saham Saat Resesi

Salah satu cara yang bisa dilakukan saat resesi adalah dengan membangun kebiasaan menabung secara teratur.
Tips investasi saham saat resesi ekonomi/istimewa
Tips investasi saham saat resesi ekonomi/istimewa

6. Manfaatkan stok murah

Di tengah prospek ekonomi yang suram, harga saham investasi mungkin masih tertekan. Ini berarti ada peluang bagus untuk membeli saham dengan harga murah.

Beberapa manajer dana berspesialisasi dalam mencari perusahaan undervalued yang akan makmur di masa depan. 

7. Bersabarlah dalam menunggu dividen

Beralih ke saham untuk menghasilkan pendapatan tidak sesederhana dulu, tetapi semua tidak hilang bagi investor. Bahkan, meskipun perusahaan telah mengurangi atau menghentikan pembayaran, dividen tersebut kemungkinan akan dilanjutkan di masa depan.

8. Carilah jaring pengaman

Sebagai bentuk dan upaya perlindungan dari pasar saham yang bergejolak, banyak investor mungkin mempertimbangkan untuk menyimpan lebih banyak uang di obligasi korporasi – di mana investor dibayar bunga untuk meminjamkan uang kepada perusahaan.

Di sisi lain, emas  dianggap sebagai penyimpan nilai yang andal selama masa-masa sulit karena kinerjanya harga jualnya tidaklah terkait dengan pasar saham. Obligasi dan logam mulia dapat membantu mendiversifikasi portofolio dan memastikan investasi Anda tidak sepenuhnya bergantung pada kinerja FTSE 100 atau S&P 500.

9. Berinvestasi dalam portofolio yang sudah jadi

Banyak supermarket dana menawarkan portofolio siap pakai, yang bertujuan untuk memiliki penyebaran investasi yang masuk akal, termasuk aset pasar non-saham seperti obligasi dan properti. Pastikan Anda merasa nyaman dengan kategori risiko yang Anda pilih karena tidak ada definisi standar tentang arti portofolio.

10. Berkaca pada kejadian dari masa lalu

Kemerosotan ekonomi tidaklah berlangsung selamanya. Jika dirasa Anda telah memiliki pengalaman yang baik di dunia Investasi, Anda seharusnya dapat melihat peluang serta manfaat dari pemulihan pasar yang terjadi ini. Pasar saham telah memberikan pengembalian dana yang lebih tinggi apabila Anda mampu bersabar. 

Apa yang harus diinvestasikan selama resesi?

Aset yang berkinerja dengan baik selama resesi adalah aset yang tidak terlalu berpengaruh di tengah tekanan ekonomi yang ada. Anda harus memilih perusahaan di mana bisnis mereka tidak ditentukan oleh kondisi ekonomi.

Misalnya, perawatan kesehatan sering dilihat sebagai produk saham tahan resesi karena akan menerima investasi yang cukup besar selama dekade berikutnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper