Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Belajar Laporan Keuangan Penting Buat Investor, Ini Alasannya

Praktisi Pasar Modal Rivan Kurniawan menekankan perlunya mempelajari laporan keuangan bagi setiap orang yang ingin melakukan investasi.
Gita Arwana Cakti
Gita Arwana Cakti - Bisnis.com 08 Juli 2022  |  11:10 WIB
Belajar Laporan Keuangan Penting Buat Investor, Ini Alasannya
Rivan Kurniawan memberikan sharing kepada kru Bisnis Indonesia Group. Bisnis - swi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Praktisi Pasar Modal Rivan Kurniawan menekankan perlunya mempelajari laporan keuangan bagi setiap orang yang ingin melakukan investasi atau menempatkan dananya ke instrumen investasi.

Di pasar modal, katanya, saat ini ada ratusan perusahaan yang masuk ke lebih dari 50 sub sektor, sedangkan dana yang dimiliki investor terbatas. “Oleh karena itu, penting untuk kita memperhatikan sejumlah hal, salah satunya laporan keuangan perusahaan,” ujarnya saat menjadi pembicara dalam internal sharing session Mengulik Laporan Keuangan Perusahaan di Wisma Bisnis Indonesia, Jakarta, Jumat (8/7).

Selain data kuantitatif berdasarkan laporan keuangan, menurutnya investor juga perlu mencermati data-data kualitatif yang bisa dilihat dari aksi korporasi perusahaan, penerapan good corporate governance, serta prospek industri dan perusahaannya.

Tak kalah penting, kondisi makroekonomi baik di dalam negeri maupun global juga tak boleh luput dari perhatian. Pasalnya, banyak kebijakan-kebijakan yang bisa ikut mempengaruhi keberlangsungan usaha suatu perusahaan.

Dia juga menekankan bahwa untuk memilih saham yang tepat, tak hanya melulu mencari perusahaan dengan pertumbuhan yang cepat tetapi juga hal lainnya seperti ketahanan finansialnya, arus kas, serta valuasi.

“Jadi, jika melihat sudut pandang investor, maka perlu dicari titik keseimbangan. Bukan hanya perusahaan yang growth paling tinggi, tidak memiliki utang sama sekali, atau hanya cari perusahaan yang valuasinya paling murah. Tapi cari yang ideal, yang memiliki titik keseimbangan,” tuturnya.

Adapun Rivan telah memulai perjalanan investasi di pasar modal sejak 2008. Dia merupakan seorang Indonesia Value Investor dan sempat merintis karir profesional selama kurang lebih 10 tahun di beberapa perusahaan Nasional dan Multinasional.

Rivan kemudian memutuskan untuk menjadi full time investor sekaligus sebagai praktisi di pasar modal sejak 2016.

Saat ini, Rivan menjabat sebagai Direktur PT Indovesta Utama Mandiri, yang memberikan jasa konsultasi secara profesional kepada para investor melalui berbagai workshop dan webinar.

Rivan juga aktif menjadi pembicara dalam berbagai event investasi, dan menjadi narasumber di berbagai media.

Saat ini Rivan juga tergabung dalam Komite Indeks Bisnis-27, yang mengevaluasi Konstituen Indeks Bisnis-27 secara periodik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

laporan keuangan investasi saham indeks bisnis27
Editor : Setyardi Widodo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top