Minta Restu RUPST, Co-Founder Gojek Kevin Aluwi akan Jadi Komisaris GoTo

Kevin akan mendedikasikan waktunya untuk mendukung manajemen GoTo.
Foto: dok. GoTo
Foto: dok. GoTo

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten dengan ekosistem digital terbesar di Indonesia, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPST) pada 28 Juni mendatang.

Salah satu agendanya yakni meminta persetujuan RUPST terkait dengan transisi Kevin Aluwi, Co-founder dan CEO Gojek sekaligus Direktur GoTo, yang akan masuk memperkuat jajaran dewan komisaris GoTo.

Kevin akan mendedikasikan waktunya untuk mendukung manajemen GoTo dalam mencapai visi dan misinya untuk mendorong kemajuan bagi para pengguna dan mitra di dalam ekosistem GoTo, serta masyarakat di mana perusahaan beroperasi.

Dalam perannya sebagai Dewan Komisaris GoTo nanti, Kevin akan fokus dalam mendukung pengembangan kendaraan listrik di Gojek sebagai bagian dari komitmen perusahaan menuju ‘nol emisi’ pada 2030. Kevin juga akan menjadi bagian dari anggota Dewan Komisaris Electrum, perusahaan patungan Gojek dan TBS Energi Utama yang fokus pada pembangunan ekosistem kendaraan listrik roda dua yang terintegrasi dan holistik di Indonesia.

Setelah mendapat persetujuan pemegang saham, peran dan tanggung jawab Kevin sebagai CEO Gojek akan dipegang oleh Andre Soelistyo yang saat ini menjabat sebagai CEO GoTo.

“Saya sangat bangga dan bersyukur dapat membangun Gojek menjadi layanan on-demand terdepan yang digunakan jutaan masyarakat Indonesia dan Asia Tenggara,” kata Kevin Aluwi, Direktur GoTo sekaligus Co-Founder dan CEO Gojek dalam pernyataan resmi, Senin (6/6/2022).

Kevin telah membangun tim manajemen yang kuat di Gojek yang akan bekerja secara erat bersama Andre untuk menjalankan strategis bisnis on-demand GoTo.

Kevin mengatakan, Gojek dipimpin oleh tim manajemen yang solid dan berpengalaman, berhasil mencetak kinerja yang menggembirakan dengan peningkatan pendapatan kotor sebesar 58% di Q1-2022, yang antara lain didukung oleh pemulihan di bisnis mobilitas. “Saya sangat optimistis mengenai masa depan Gojek, terlebih dengan terbentuknya GoTo tahun lalu dan tercatatnya GoTo sebagai perusahaan terbuka di BEI,” katanya.

Dia menjelaskan bahwa setelah memimpin Gojek selama hampir satu dekade, ini merupakan waktu yang tepat baginya untuk mengambil peran baru dalam mendukung penguatan strategi dan pertumbuhan GoTo. “Di saat yang sama, saya juga akan memiliki waktu lebih untuk mengembangkan minat pribadi di bidang teknologi. Saya sangat ingin membangun teknologi yang bermanfaat yang dapat membuat dunia menjadi lebih baik. Area yang saat ini saya ingin kembangkan antara lain web3, gaming dan climate tech.”

“Dalam kapasitas sebagai komisaris nanti, saya akan terus mendukung GoTo menghadirkan solusi teknologi bagi masyarakat luas, serta memberikan arahan strategis kepada manajemen untuk memastikan tercapainya visi dan misi perusahaan secara jangka panjang.”

Andre Soelistyo CEO GoTo menyampaikan apresiasinya atas kepemimpinan Kevin di Gojek selama ini. “Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas peran dan kepemimpinan Kevin dalam membawa perusahaan melalui berbagai fase pertumbuhan hingga menjadikan Gojek sebagai platform teknologi kelas dunia yang beroperasi di Indonesia dan Asia Tenggara.”

“Merupakan kehormatan bagi saya untuk dapat bekerja dengan Kevin selama hampir 10 tahun terakhir, serta membentuk GoTo dan membawa perusahaan melantai di BEI, bersama dengan tim manajemen di GoTo,” kata Andre.

Menurut Andre, Kevin memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan Gojek menjadi platform teknologi kelas dunia dan membangun tim manajemen yang solid yang telah mampu menavigasi dan menumbuhkan bisnis Gojek selama masa pandemi.

“Saya selalu mengagumi visi dan semangat Kevin dalam menghadirkan solusi teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Selanjutnya, saya akan bekerja lebih erat dengan manajemen Gojek untuk mencapai tahap pertumbuhan berikutnya.”

“Saya yakin dalam kapasitasnya sebagai komisaris nanti, pengalaman dan keahlian Kevin dalam melahirkan solusi teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat luas akan terus memberikan nilai tambah bagi pertumbuhan GoTo ke depan,” ujar Andre. 

Kevin akan menggantikan posisi Caesar Sengupta di jajaran Dewan Komisaris GoTo. Caesar akan fokus membesarkan bisnis startup-nya, Arbo Works, dan tetap menjalankan perannya sebagai anggota Dewan Komisaris  GoTo Financial. Caesar Sengupta merupakan veteran Google selama 15 tahun dan terakhir menjabat sebagai General Manager & Vice President, Payments & Next Billion Users di April 2021. Saat ini Caesar adalah Co-Founder dan CEO di perusahaan startup fintech, Arbo Works berbasis di Amerika Serikat dan Singapura.

Perubahan ini tidak akan berdampak pada operasional sehari-hari Gojek. Transisi Kevin dari dewan direksi ke dewan komisaris, akan efektif setelah mendapatkan persetujuan pemegang saham pada RUPST GoTo 28 Juni 2022.

Sebelum bergabung dengan Gojek, Kevin sempat bekerja di Zalora Indonesia sebagai Head of Business Intelligence dan sebagai Business Development Manager di Merah Putih Inc.

Alumnus University of Southern California-Marshall School of Business, AS, ini mengawali kariernya sebagai Analis Investment Banking di Salem Partners LLC. Kevin pernah diganjar penghargaan Forbes 30 Under 30 Asia untuk kategori Teknologi Konsumen di 2016 dan Fortune 40 Under 40 di tahun 2022 oleh Fortune Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper