Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Goldman Sachs Luncurkan Pinjaman Berbasis Bitcoin, Eksperimen Baru Bankir Wall Street

Bitcoin-backed loan yang ditawarkan Goldman Sachs merupakan produk pinjaman yang menggunakan bitcoin sebagai jaminan.
Farid Firdaus
Farid Firdaus - Bisnis.com 03 Mei 2022  |  21:54 WIB
Logo Coinbase di videotron -  Bloomberg
Logo Coinbase di videotron - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Goldman Sachs Group Inc. meluncurkan fasilitas pinjaman perdana yang didukung oleh aset Bitcoin. Ini adalah upaya terbaru platform perdagangan kripto, Coinbase untuk membawa uang dari Wall Street ke ruang aset digital.

“Pekerjaan Coinbase dengan Goldman adalah langkah pertama dalam pengakuan kripto sebagai jaminan yang memperdalam jembatan antara ekonomi fiat dan kripto,” kata Head of Coinbase Institutional Brett Tejpaul dalam email, melansir Bloomberg, Jumat (3/5/2022).

Coinbase tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang produk pinjaman tersebut. Seorang juru bicara dari Goldman Sachs mengatakan minggu lalu bahwa pinjaman tersebut dijamin dengan Bitcoin yang dimiliki oleh peminjam yang sebelumnya tidak diungkapkan.

Pinjaman yang didukung Bitcoin bukanlah hal baru di sektor mata uang digital, meskipun untuk Wall Street mereka baru. Beberapa pemberi pinjaman “crypto-native” seperti Babel Finance bahkan mengizinkan perusahaan pertambangan Bitcoin untuk memasang mesin mereka sebagai jaminan pinjaman uang tunai.

Peminjam semacam itu biasanya memposting Bitcoin dengan loan-to-value dalam kisaran 40 persen hingga 60 persen, menurut Matthew Ballensweig, direktur pelaksana dan co-kepala perdagangan dan pinjaman di broker utama crypto Genesis.

Jaminan dipegang oleh kustodian yang memenuhi syarat, dan peminjam menerima dolar AS dari pemberi pinjaman dengan tingkat bunga yang disepakati.

“Tenor dapat bervariasi serta persyaratan pembayaran di muka lainnya, tetapi ini adalah struktur sederhana untuk membawa pemberi pinjaman institusional ke pasar,” kata Ballensweig.

Pada akhir tahun lalu, Coinbase memiliki lebih dari US$566 juta cryptocurrency termasuk Bitcoin senilai lebih dari US$183 juta. Pada saat yang sama, perusahaan melaporkan memiliki kas dan setara kas sebesar US$7,1 miliar, tidak termasuk kas yang dibatasi dan dana kustodian pelanggan.

Ballensweig mengatakan Genesis telah menyusun pinjaman serupa dengan bank-bank ramah kripto seperti Silvergate Bank dan Signature Bank.

“Kami sedang menjajaki struktur serupa dengan bank investasi besar yang menginginkan eksposur ke ruang angkasa,” tambahnya.

Goldman mengatakan kepada Bloomberg sebelumnya bahwa kesepakatan itu menarik bagi bank karena strukturnya dan manajemen risiko 24 jam. Bank juga memperdagangkan opsi Bitcoin over-the-counter pertamanya pada bulan Maret. Bank Wall Street lainnya seperti Jefferies Financial Group Inc. juga mulai bereksperimen dengan produk dan layanan terkait kripto.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

goldman sachs bitcoin aset kripto coinbase

Sumber : Bloomberg

Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top