Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jumlah Investor Pasar Modal Naik Pesat, Edukasi BEI Jadi Kunci

Melalui kampanye Sekolah Pasar Modal (SPM) di beberapa cabang IDX di Indonesia, Ajaib Sekuritas turut aktif mensosialisasikan pengaplikasian IDX Virtual Trading.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 18 April 2022  |  15:03 WIB
Jumlah Investor Pasar Modal Naik Pesat, Edukasi BEI Jadi Kunci
Pengunjung melihat papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (3/8/2020). Pada penutupan perdagangan awal pekan, IHSG ditutup melemah 2,78 persen atau 143,4 poin ke level 5.006,22. Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jumlah investor pasar modal yang bertumbuh menjadi hasil dari pendidikan literasi investasi yang terus dilakukan Bursa Efek Indonesia (BEI) dan sejumlah sekuritas seperti Ajaib Sekuritas

Direktur Teknologi Informasi Bursa Efek Indonesia Fithri Hadi menuturkan sejak diluncurkannya aplikasi IDX Virtual Trading untuk investor atau calon investor yang ingin belajar dan latihan bertransaksi saham, tren kenaikan investor di pasar modal Indonesia khususnya investor generasi muda terus naik secara pesat.

"Kami berharap akan semakin banyak calon investor muda yang memanfaatkan virtual trading sebagai sarana belajar dan edukasi serta lebih memotivasi generasi muda Indonesia untuk memberikan energi baru bagi kemajuan pasar modal Indonesia termasuk ekonomi nasional," terangnya, Senin (18/4/2022).

Sepanjang 2021, tercatat investor di pasar modal melonjak cukup signifikan menjadi 7,5 juta yang naik 93 persen dibandingkan dengan 2020. Angka tersebut didominasi oleh kalangan milenial dengan rentang usia 18-40 tahun.

Melalui edukasi, maka kualitas investor saham domestik akan meningkat sehingga inklusi pasar modal dalam negeri juga ikut naik.

Sebagai salah satu komitmen dalam mendorong pertumbuhan investor pasar modal, Ajaib secara konsisten mendukung BEI untuk mengedukasi investor Tanah Air khususnya investor muda.

Melalui kampanye Sekolah Pasar Modal (SPM) di beberapa cabang IDX di Indonesia, Ajaib turut aktif mensosialisasikan pengaplikasian IDX Virtual Trading, perangkat dan alat simulasi trading sebagai sarana edukasi yang dapat digunakan oleh calon investor sebelum menjadi investor.

Rangkaian aplikasi ini terdiri dari tiga kelompok, yakni aplikasi untuk belajar dan simulasi transaksi online, aplikasi untuk membuka rekening online dan terakhir aplikasi untuk bertransaksi online.

Direktur Utama Ajaib Sekuritas Asia Anna Lora menuturkan Ajaib terus senantiasa bersinergi dengan Bursa Efek Indonesia (BEI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) untuk meningkatkan literasi keuangan.

“Pasalnya, penyuluhan edukasi keuangan dan investasi terutama kepada generasi muda sangat penting untuk mendukung masa depan perekonomian masyarakat, sehingga diharapkan dapat semakin menumbuhkan semangat berinvestasi generasi muda di pasar modal serta menciptakan generasi yang lebih melek investasi,” kata Anna.

Sebagai catatan, berbagai pencapaian signifikan telah ditorehkan pasar modal Indonesia pada 2021, di antaranya peningkatan jumlah SID saham maupun SID pasar modal, peningkatan jumlah investor yang aktif bertransaksi, peningkatan aktivitas investor domestik ritel dari sisi frekuensi dan nilai transaksi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG bursa efek indonesia pasar modal investor saham ajaib group
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top