Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Makin Mantap dan Siap untuk Dunia Kerja, Makin Berkualitas dengan Gelar S2

Pendidikan bergelar khususnya magister (S2) dipandang sebagai cara terbaik untuk mengasah kapasitas berpikir konseptual karena sifatnya yang sistematis, memiliki kerangka yang komprehensif dan ini sejalan dengan tuntutan dunia kerja di masa mendatang.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 17 April 2022  |  10:30 WIB
Makin Mantap dan Siap untuk Dunia Kerja, Makin Berkualitas dengan Gelar S2
Foto: dok. PPM School of Management
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kondisi dunia sejak terjadinya krisis global dan pandemi Covid-19 mengubah situasi secara drastis di berbagai sektor, salah satunya peningkatan angka pengangguran usia produktif. Catatan Badan Pusat Statistik (BPS), peningkatan pengangguran terbesar terjadi pada kelompok anak muda yang berusia 20-29 tahun. Data ini selaras dengan catatan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) yang menyebutkan ada peningkatkan hingga 7 persen atau sebanyak 9,7 juta pengangguran selama pandemi Covid-19.

Bukan karena kondisi pandemi Covid-19 saja, relevansi antara tenaga kerja yang dihasilkan dengan ketersediaan lapangan kerja di tanah air juga tidak berbanding lurus. Kondisi ini membuat tantangan di dunia kerja semakin kompleks. Untuk itu, salah satu cara menyerap tenaga kerja, khususnya para lulusan baru alias fresh graduates, adalah dengan melakukan transformasi ekonomi melalui peningkatan kualitas dan kompetensi SDM melibatkan perguruan tinggi.

Selama ini, pendidikan bergelar khususnya magister (S2) dipandang sebagai cara terbaik untuk mengasah kapasitas berpikir konseptual karena sifatnya yang sistematis dan memiliki kerangka yang komprehensif. Ini sejalan dengan tuntutan dunia kerja di masa mendatang yang akan lebih selektif dalam menyaring calon pekerjanya. Perusahaan juga akan mempertimbangkan kualitas dan kompetensi khusus yang dimiliki para pelamar sebagai poin plus.

Membaca situasi tersebut, PPM School of Management (PPM SoM) menjadi institusi pendidikan yang berkomitmen menyiapkan para agen pembangunan yang berkualitas, profesional, inovatif, dan siap untuk dunia kerja nanti. Sebagai Sekolah Tinggi dengan sistem penjaminan mutu internal terbaik di Indonesia (Kemenristekdikti – 2019), PPM SoM turut serta membangun sektor pendidikan dan perkembangan bisnis tanah air.

“Melanjutkan kuliah S2 di PPM SoM memberi peluang bagi para mahasiswa untuk mendapat  networking di bidang manajemen dan bisnis yang sangat luas. Bukan hanya itu, para peserta program magister di PPM SoM berkesempatan untuk mendapatkan pengembangan soft skills yang berperan penting dalam dinamika di dunia kerja,” kata Ketua Program Studi MM PPM SoM, Wendra.

Wendramengatakan, ada sejumlah mata kuliah tentang soft skills di PPM SoM. Mata kuliah yang bisa diperoleh, di antaranya Pengembangan Diri (Self Development), Pengembangan Kelompok (Team Development), hingga Pengembangan Komunitas (Community Development).

PPM SoM memiliki program magister yang cocok bagi para lulusan baru atau belum lama lulus yang ingin menambah kualitas diri di bidang manajemen, yaitu Magister Manajemen Wijawiyata Manajemen (MM-WM). Program MM-WM adalah Program Pascasarjana PPM School of Management dengan gelar Magister Manajemen bagi fresh graduates selama 20-24 bulan. Program ini menyasar para lulusan S1 atau pekerja dengan maksimal pengalaman kerja 1 tahun dan berusia maksimal 26 tahun.

Tak heran jika program ini menyesuaikan karakteristik sarjana baru yang muda, dinamis, dan selalu menggali potensi untuk berkembang. Sasaran dari program ini adalah melatih peserta dalam keahlian manajemen dan mengembangkan pandangan hidup dan sikap kerja yang luhur. Nilai-nilai ini dirasa penting menjadi bekal utama untuk melangkah memasuki dunia bisnis, sehingga peserta siap menghadapi dinamika perubahan dan menata masa depan.

PPM SoM juga memiliki program magister bagi para eksekutif/pengusaha muda yang telah memiliki pengalaman kerja, yakni Program MM-Eksekutif Muda (EM). Program dengan gelar Magister Manajemen ini mempersiapkan peserta menjadi pemimpin masa depan dengan pengetahuan manajemen yang komprehensif dan praktis, nilai-nilai etika bisnis yang kuat dengan soft competencies yang unggul, sehingga dapat membawa perbaikan dan perubahan di lingkungan kerja.

Peserta MM-EM PPM SoM mendapat kesempatan untuk berbagi ilmu dengan praktisi dalam sesi Guest Lecture dan Executive Sharing Session. Bahkan, peserta MM-EM didukung penuh untuk mengikuti kompetisi manajemen untuk menerapkan pengetahuan yang diperoleh selama perkuliahan dan mengasah intuisi bisnis yang nyata.

Untuk para eksekutif yang ingin mengasah kemampuan dan meningkatkan kompetensi, Program MM Eksekutif PPM SoM bisa menjadi pilihan. MM Eksekutif adalah program yang bertujuan mempersiapkan para manajer untuk mengembangkan diri menjadi manajer puncak dan pemimpin perubahan strategik (Strategic Change Leader). Melalui program ini, para eksekutif diasah menjadi pelopor dalam mengimplementasikan pengetahuan manajemen secara terintegrasi dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika bisnis secara luas.

Program ini didesain untuk para eksekutif yang sudah memiliki pengalaman kerja minimal 5 tahun dan usia minimal 31 tahun. Dengan mengikuti Program MM Eksekutif ini, peluang untuk menjalin relasi terbuka lebar karena bisa bertemu dengan peserta dari beragam latar belakang dan keahlian. Peserta juga mendapat kesempatan untuk membuat proyek kolaborasi dengan banyak pihak, dosen, maupun para ahli yang menjadi dosen tamu. Tak sedikit pula potensi terjadinya kesepakatan bisnis di kelas antar peserta program MME yang rata-rata adalah level manajerial institusi tertentu.

Sudah menentukan pilihan yang sesuai dengan passion dan impian Anda? Mari bergabung dengan keluarga besar PPM SoM dan memperluas jejaring, sekaligus meningkatkan kompetensi di bidang manajemen dan bisnis. Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran sejumlah program S2 di PPM SoM dapat diakses melalui ppmschool.ac.id atau kunjungi akun Instagram @ppmschool untuk update informasi terbaru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pendidikan PPM Manajemen
Editor : Media Digital
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top