Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Top 5 News Bisnisindonesia.id: Menebak Arah Harga Komoditas Hingga Metamorfosis Metro

Negara-negara di Eropa yang harus berebut batu bara dengan pembeli dari Jepang dan Korea Selatan, serta negara importir besar batu bara, China, yang membutuhkan pasokan di pasar global membuat harga batu bara dalam sepekan terakhir melambung tinggi hingga memecahkan rekor sepanjang masa.
Sebuah kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (14/1/2022). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Sebuah kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (14/1/2022). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA — Invasi Rusia ke Ukraina belum juga usai meski konflik tersebut sudah berlangsung selama lebih dari sepekan. Memasuki hari ke-9, gencatan senjata di wilayah Timur Eropa itu pun makin sengit hingga berdampak pada lonjakan harga komoditas.

Maklum saja, Rusia merupakan produsen utama komoditas energi. Negara yang dipimpin oleh Presiden Vladimir Putin itu menguasai pasokan gas untuk negara-negara Eropa, serta berkontribusi pada produksi minyak dunia.

Kurangnya pasokan gas dan minyak mentah menyebabkan sejumlah negara Eropa mengaktifkan kembali Pembangkit Listrik Tenaga Uap dari batu bara. Di sisi lain, produsen batu bara Eropa yang juga berada di Rusia, KRU, telah menyatakan force majuere ke pelabuhan Rusia Barat sebelum eskalasi krisis Rusia-Ukraina.

Kondisi ini membuat negara-negara di Eropa harus berebut batu bara dengan pembeli dari Jepang dan Korea Selatan. Tak hanya itu, negara importir besar batu bara, China, yang membutuhkan pasokan di pasar global.

Dengan kondisi tersebut, harga batu bara dalam sepekan terakhir melambung tinggi hingga memecahkan rekor sepanjang masa.

Ulasan tentang lonjakan harga komoditas ini menjadi salah satu pilihan Bisnisindonesia.id.

Selain itu, juga ada beragam kabar ekonomi dan bisnis yang dikemas secara mendalam dan analitik tersaji dari meja redaksi Bisnisindonesia.id.

Berikut intisari dari top 5 News Bisnisindonesia.id yang menjadi pilihan editor, Minggu (6/3/2022):

  

1. Peran Stephen Riady Pulihkan LPPF dari Hantaman Pandemi

Masuknya pengendali baru dalam jajaran pemegang saham PT Matahari Departement Store Tbk. (LPPF) membawa warna baru bagi bisnis perseroan. Bahkan kehadiran pengendali baru mampu memulihkan kinerja perseroan yang babak belur dihantam pandemi.

Pengendali baru tersebut yaitu Auric Digital Retail Pte Ltd (BidCo) yang mengambil alih saham LPPF sebesar 50,12 persen dari pemegang saham lama. Masuknya Auric Digital telah dipublikasikan secara resmi oleh perseroan dalam prospektus pada Rabu, 5 Mei 2021. Namun, proses menjadi pengendali baru resmi terjadi pada 14 Juli 2021.

Adapun, Auric Digital merupakan perusahaan dari Singapura dengan ruang lingkup kegiatan usaha di bidang investasi. Perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang baru berdiri pada awal tahun lalu.

Sebanyak 60 persen saham Auric Digital dikuasai oleh Auric Bespoke I Pte Ltd, dan 40 persen sisanya dimiliki oleh OUE Retail Holdings Pte Ltd. Kedua perusahaan itu terafiliasi dengan pemegang saham LPPF lainnya, yaitu Multipolar.

Itu lantaran kedua perusahaan yang menginduk pada sebuah bernama Auric Pacific merupakan bagian dari Grup Lippo. Bahkan grup konglomerasi yang didirikan Mochtar Riady itu memiliki 49 persen saham Auric Pacific Group. Lippo juga tercatat sebagai pengendali OUE.

Kedua perusahaan tersebut dikelola oleh Stephen Riady dan Andy Adhiwana. Stephen menjabat sebagai Direktur Eksekutif, sedangkan Andy sebagai Direktur Utama di Auric Pacific.

Menariknya, Stephen merupakan putra Mochtar Riady pendiri Grup Lippo. Sementara itu, Andy merupakan menantu dari Stephen Riady.

 

2. Menebak Arah Harga Komoditas dan Akhir Perang Rusia-Ukraina

Kondisi harga komoditas energi dan pertambangan yang bergerak liar cukup sulit dihentikan sebelum konflik Rusia dan Ukraina berhenti.

Direktur TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuabi, mengatakan harga komoditas masih dalam tren naik dengan perang Rusia-Ukraina sebagai sentimen utama.

Perang tersebut berlangsung lebih dari perkiraan Rusia. Menurut Ibrahim, Putin menargetkan invasi Ukraina hanya berlangsung selama 5 hari. Namun, pada hari ke-3, Jenderal Chechnya terbunuh akibat keterlibata NATO menyuplai senjata Ukraina.

Putin pun akhirnya memberi waktu hingga 10 hari bagi pasukannya untuk menguasai ibu kota Ukraina, Kyiv. “Harga naik sampai 10 hari, pada saat 10 hari ini dikuasai Ukraina dan ditangkap Presiden Ukraina, harga akan koreksi. Lebih dari 10 hari, semakin sporadis harga akan naik, perang tak hanya di Ukraina dan menyebar ke negara lain, apalagi Korea Utara sudah mulai memanaskan misilnya,” ujar Ibrahim kepada Bisnis, Rabu (2/3/2022).

Sejauh ini, konflik Rusia-Ukraina yang pecah pada 24 Februari 2022 telah berlangsung selama sembilan hari. Jika mengacu pada prediksi Ibrahim, awal pekan depan ketiga perdagangan kembali di buka merupakan babak penentu arah harga komoditas, akankah terus bergerak liar, mendatar, atau menukik tajam?

 

3. Karena Anggaran Kurang, Kemantapan Jalan Nasional Menurun

Kemantapan infrastruktur jalan berperan sangat penting dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan tercapainya konektivitas antarwilayah.

Oleh karena itu, pemerintah telah menetapkan target pembangunan infrastruktur jalan karena sangat berpengaruh pada kegiatan distribusi dan logistik yang merupakan urat nadi kehidupan ekonomi, politik, sosial-budaya, dan pertahanan keamanan nasional, serta penghubung antar daerah sebagaimana kondisi geografis Indonesia.

Infrastruktur jalan seperti dikutip melalui Buku Informasi Statistik Infrastruktur PUPR 2021, dapat menopang sektor transportasi yang dapat memperlancar arus distribusi barang dan jasa, mobilisasi manusia, aksesibilitas antarwilayah, serta berperan dalam peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan manusia.

Kondisi jalan nasional di Indonesia pada 2020 secara umum dalam kondisi mantap dengan persentase 91,27%. Provinsi dengan persentase jalan mantap terbesar adalah Yogyakarta sebesar 99,71%, sedangkan provinsi dengan persentase kondisi mantap terendah adalah Papua Barat yaitu sebesar 69,33%.

 

4. Metro Bermetamorfosis dari Ritel ke Bos Properti di 5 Negara

Gedung 351 On Braddell, properti industri baru berlantai tujuh dengan spesifikasi tinggi yang selesai dibangun pada Maret 2021, mendadak tampak jauh lebih keren setelah Secretlab, produsen kursi gaming lokal Singapura, pindah ke sana.

Secretlab menempati ruang seluas 44.000 ft2, termasuk 7.000 ft2 untuk pusat litbangnya. Selain Secretlab, tenant lain di gedung tersebut antara lain NETS dan Electrolux.

Dikembangkan oleh Boustead Projects dan dirancang oleh RSP Architects, properti itu menjadi akuisisi terbaru dalam portofolio Boustead Industrial Fund (BIF) Oktober lalu.

Metro Holdings, peritel yang terdaftar di bursa Singapura, juga memiliki saham di 351 On Braddell, melalui pemilikan 26% di BIF serta 7% notes yang jatuh tempo pada 2031.

Perusahaan yang didirikan oleh pebisnis asal Fujian, China, bernama Ong Tjoe Kim di Surabaya, Jawa Timur, pada 1953 itu, yang dibuka kembali di Jakarta pada 1991, membayar Sin$76,6 juta untuk kepemilikannya di 351 On Braddell pada akhir 2020.

Kehadiran 351 On Braddell Oktober lalu membawa portofolio BIF menjadi 15 properti, dari sebelumnya 14 properti. Sebanyak 26% saham Metro melalui langganan unit mencerminkan investasi tambahan sebesar Sin$17,58 juta.

Investasi di BIF adalah salah satu langkah terbaru Metro Department Store yang terus bermetamorfosis menjadi pemain properti yang terdiversifikasi dengan investasi di gedung komersial, mal, residensial, pengembangan mixed-use, akomodasi mahasiswa, serta properti logistik dan industri.

 

5. Menanti Garuda Indonesia Mengalap Untung dari Rute Internasional

Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA-715 mendarat mulus di Bandara Internasional Ngurah Rai Bali pada Jumat (4/3/2021) pukul 11.30 WITA. Pesawat tersebut pun disambut dengan water salute sebagai penanda dibukanya kembali rute penerbangan internasional tersebut.

Rute Sydney-Denpasar memang sempat tidak beroperasi pandemi Covid-19. Bandara Ngurah Rai juga belum melayani rute penerbangan internasional. Seluruh penerbangan internasional harus melewati Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

Namun, kondisi pandemi yang perlahan-lahan mulai pulih mendorong pemerintah mengizinkan penerbangan internasional ke sejumlah bandara, termasuk ke Bandara Ngurah Rai. Hal itu pun dimanfaatkan dengan baik oleh Garuda dengan membuka kembali rute Sydney—Denpasar dan Narita (Tokyo)—Denpasar.

Pada penerbangan perdana Jumat (4/3/2022) kemarin, Garuda Indonesia melayani penerbangan untuk 60 penumpang dari berbagai negara bagian di Australia. Selain itu, Garuda juga membawa 20 ton komoditas dari Australia, seperti hasil perikanan, buah segar, hingga general cargo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nurbaiti
Editor : Nurbaiti
Sumber : Bisnisindonesia.id
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper