Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rangkuman Data Fluktuasi Harga Emas Bulanan, Februari Melonjak Tinggi

Harga emas dunia naik signifikan sepanjang Februari 2022. Simak rangkuman data dan visualisasinya di sini.
DataIndonesia.id
DataIndonesia.id - Bisnis.com 02 Maret 2022  |  06:25 WIB
Rangkuman Data Fluktuasi Harga Emas Bulanan, Februari Melonjak Tinggi
Pegawai menunjunkan emas batangan. Foto ilustrasi. Bisnis - Fanny Kusumawardhani
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Harga emas dunia naik signifikan sepanjang Februari 2022. Simak rangkuman data dan visualisasinya di sini.

Harga emas Comex tercatat naik 5,81% ke level US$1.900,75 per troy ons. Begitu pula emas di pasar spot juga menguat 6,20% ke level 1.907,9 per troy ons pada penutupan akhir Februari, Senin (28/02).

DataIndonesia.id juga merangkum data perkembangan harga emas Pegadaian, emas Antam, serta emas internasional. Selengkapnya ada di tautan ini, di link ini, serta di sini.

DataIndonesia.id juga menampilkan perkembangan harga berbagai komoditas utama seperti harga CPO, perkembangan IHSG, perbandingan indeks lokal dan global, serta data seputar perkembangan harga saham. Selengkapnya di sini dan di sini.

Ada pula data seputar komoditas dan bahan pangan populer melalui DataIndonesia.id. Misalnya, data seputar produksi kopi, produksi kedelai, perak, produksi nikel, batu bara, dan sebagainya.

Terkait dengan harga emas, sentimen yang menggerakkan pasar keuangan global di sepanjang bulan lalu antara lain kekhawatiran atas tren kenaikan inflasi global. Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung juga membuat cemas.

Selain itu, pelaku pasar was-was terhadap ketegangan geopolitik antara Rusia dan Ukraina. Terlebih, Presiden Rusia Vladimir Putin tidak menunjukan tanda-tanda untuk menghentikan invasi ke negara tetangganya tersebut. Korban tewas dan kerusakan material juga terus bertambah.

Lebih lanjut, kondisi inflasi di Amerika yang terus meningkat turut mendorong harga emas melambung. Pada Januari 2022, inflasi di Amerika mencatatkan rekor tertingginya sebesar 7,5%. 

Situasi ini akan mempengaruhi The Federal Reserve (The Fed) melakukan normalisasi suku bunga acuan. Alhasil, psikologi pasar akhirnya bakal terdampak. Sementara pada perdagangan Selasa (01/03) pukul 15.15 WIB, kontrak harga emas paling aktif untuk pengiriman April 2022 di divisi Comex New York Exchange melonjak US$12,8 ke level US$1.913,5 per troy ons. Di pasar spot, harga emas juga terdongkrak US$3,87 ke posisi US$1.911,77 per troy ons.

Kenaikan terus berlanjut karena situasi geopolitik Rusia-Ukraina yang terus memanas.

Emas dianggap sebagai aset aman atau safe haven, sehingga pasar lebih memilih untuk berlindung kepada produk tersebut.  Kenaikan harga emas dunia pun sejalan dengan harga emas batangan garapan PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM).

Sepanjang Februari 2022, harga emas batangan 24 karat Antam untuk ukuran 1 gram tercatat mengalami kenaikan 5,5%. Emas Antam pun parkir di level Rp978.000 per gram pada Senin (28/02).

Harga emas Antam menyentuh level tertingginya di level Rp994.000 pada Kamis (24/02). 

Pada perdagangan Selasa (01/03), harga emas Antam dibanderol sebesar Rp977.000 per gram. Nilai itu lebih rendah Rp1.000 dibandingkan perdagangan sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Harga Emas Hari Ini komoditas Harga Emas Antam

Sumber : DataIndonesia.id

Editor : Setyardi Widodo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top