Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

OJK Larang Aset Kripto, Net89 Withdrawal Member Robot Trading Ke Bitcoin?

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan tegas melarang jual beli asset kripto, di sisi lain member net89 dijanjikan untuk withdrawal dana ke Bitcoin.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 14 Februari 2022  |  08:27 WIB
OJK Larang Aset Kripto, Net89 Withdrawal Member Robot Trading Ke Bitcoin?
Ilustrasi robot trading
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan tegas melarang jual beli asset kripto, di sisi lain member net89 dijanjikan untuk withdrawal dana ke Bitcoin.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan bahwa regulator sudah menetapkan bahwa sektor keuangan tidak boleh memfasilitasi transaksi kripto karena tidak memiliki underlining-nya. Senada dengan OJK, Bank Indonesia juga menetapkan hal yang sama.

“Kita sektor keuangan, kita tidak boleh memfasilitasi transaksi [aset] kripto. Jadi ini sudah diingatkan yang nanti kehilangan kripto ya salah sendiri,” ujarnya saat berdiskusi dengan Direktur Utama Solopos Arief Budisusilo pada video yang diunggah di saluran YouTube Espos Indonesia, Minggu (13/2/2022).

Dia pun mengimbau kepada publik agar tidak mudah tertarik pada investasi yang menjanjikan pendapatan yang tidak normal. “Itu pasti risikonya besar. Tidak normal itu pingin kaya cepat dan tidak mungkin. Investasi di situ risikonya pasti besar, termasuk kripto. Jangan!” tegasnya.

Di sisi lain, tengah marak insiden robot trading yang menjanjikan keuntungan secara konsisten hingga mencapai 10 persen setiap bulan. Meski demikian, pemerintah melalui Kementerian Perdagangan telah menghentikan aktivitas tersebut.

Adapun salah satu perusahaan, Net89 melalui aplikasi robot trading SmartX berjanji akan mengembalikan dana seluruh member. Meski demikian, Net89 menyebutkan bahwa para investor memiliki 2 opsi untuk melakukan penarikan dana.

Pertama adalah menarik seluruh dana ke USDT atau BTC. Sebagai informasi keduanya adalah kode koin kripto untuk Tether dan Bitcoin.

Berdasarkan dokumen yang diterima Bisnis, para member Net89 atau jasa robot trading SmartX bisa mulai mencairkan dana melalui 4 broker. Mereka adalah Max Global Fx (MG), Zen Trade (ZT), Global Premier (GP) dan Bethel Aster (BTA).

Sebagai informasi ke-4 broker itu merupakan broker internasional yang tidak memiliki badan hukum di Indonesia. Adapun mekanisme withdrawal terbagi menjadi tiga tahap. Pertama proses reset wallet address oleh broker.

Kedua proses input wallet address oleh masing-masing pengguna. Ketiga, proses open withdrawal oleh broker. Akan tetapi dari keempat broker itu masih memiliki jangka waktu serta ketentuan yang berbeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi investor OJK bitcoin robot trading
Editor : Pandu Gumilar
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top