Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 10 NFT Termahal di Dunia, Paling Mahal Rp1,3 Triliun

Berikut 10 NFT termahal di dunia yang bisa Anda kenali.
Ilustrasi NFT/istimewa
Ilustrasi NFT/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - NFT merupakan singkatan dari non-fungible token yang diartikan sebagai token yang tidak dapat dipertukarkan.

Dapat juga diartikan sebagai sesuatu yang unik, tidak bisa diduplikasi, serta tidak bisa diganti dengan yang lain. NFT didasarkan pada teknologi Ethereum Blockchain. Ethereum atau Ether merupakan teknologi blockchain yang sangat istimewa karena mereka dapat menyimpan data atau informasi tambahan tentang token tertentu.

NFT semakin populer sepanjang 2020 dan 2021 dengan koleksi seni bernilai jutaan rupiah yang dijual sebagai jpeg digital dan beberapa influencer serta selebritas top dunia terlibat dalam aksi tersebut. Investor dan kolektor ingin terlibat dalam kegilaan blockchain terbaru dan mempertandingkan harga yang harus dibayar untuk barang-barang NFT. 

Berikut 10 NFT termahal di dunia dikutip dari Tempo melansir laman dexerto.com:

1. ‘Pak’s ‘The Merge’ - $91,8 juta

Merge dibeli oleh 28.983 kolektor dengan total hampir $100 juta. Merge secara resmi menjadi NFT termahal yang pernah dijual pada 2 Desember 2021 dengan hampir 30.000 kolektor bergabung dengan total biaya $91,8 juta atau setara Rp 1,3 triliun lebih.

2. Everydays: the First 5000 Days - $69,3 juta

Beeple adalah salah satu NFT paling mahal yang pernah dijual. Sepotong Beeple NFT termahal pernah dijual ke satu pemilik tunggal. Tebusan harga mahal ini bukan tanpa alasan. Karya seni Beeple sangat tinggi dan sangat dihormati di masyarakat dan karya ini pada dasarnya adalah kolase dari 5000 buah karyanya. Mulai 2007, dia berjanji untuk membuat satu karya seni setiap hari dan itulah hasilnya, Everydays: the First 5000 Days, dengan harga setara Rp 900 miliar lebih.

3. Beeple’s HUMAN ONE - $28.985

Satu lagi karya Beeple yang laku dengan harga paling mahal sebagai barang NFT, HUMAN ONE. HUMAN ONE dijual pada 9 November 2021 dengan biaya ‘hanya’ $30 juta. Sebuah harga yang fantastis, hampir setengah triliun rupiah.

4. CryptoPunk #7523 - $11.75 juta

CryptoPunk #7523 merupakan koleksi terlangka ketiga dan memiliki label harga yang sesuai. #7523 adalah satu dari sembilan Cryptopunk Alien. Ini adalah satu-satunya yang menggunakan masker. Pertumbuhan ekosistem NFT dan kenaikannya yang cepat ke panggung budaya global sebagian harus dikaitkan dengan penutupan dunia fisik selama COVID-19.

5. CryptoPunk #3100 - $7.67 juta

CryptoPunk #3100 telah menjadi NFT yang sangat dicari. Ditebus pada pada 11 Maret 2021, hanya satu hari setelah CryptoPunk #7804 terjual. CryptoPunk #3100 adalah CryptoPunk paling langka ketujuh di luar sana.

6. CryptoPunk #7804 - $7.6 juta

CryptoPunk #7804 pernah mendapat gelar CryptoPunk termahal, namun hanya sehari. #7804 adalah salah satu dari hanya sembilan CryptoPunks ‘Alien’ dengan topi, pipa, dan nuansa keren untuk boot

7. Beeple’s Crossroad - $6.6 juta

Beeple’s Crossroad hanyalah film pendek berdurasi 10 detik, menggambarkan orang-orang yang berjalan melewati tubuh besar yang jatuh dengan hinaan tertulis di atasnya. Karya Beeple sangat dihormati karena menawarkan sesuatu yang sedikit berbeda dari NFT biasa yang Anda lihat dan itulah mengapa harganya mahal.

8. XCopy’s A Coin for the Ferryman - $6.034 juta

A Coin for the Ferryman’ adalah salah satu karya XCopy yang paling awal. Dibuat pada 2018, terjual lebih dari $6 juta pada 4 November 2021. Karya ini merupakan penggabungan dari coretan wajah di atas latar belakang warna-warni dengan bentuk GIF yang pasti membuatnya unik dan sesuatu yang bisa dibanggakan pemiliknya.

9. Beeple’s Ocean Front - $6 juta

Ocean Front sebenarnya adalah karya paling mahal ketiga Beeple hingga saat ini. Beeple adalah salah satu seniman digital paling terkenal dan dihormati di dunia dan label harga pada karyanya membuktikannya. Dia memiliki tiga karya di 10 besar dengan Ocean Front menggambarkan penggabungan wadah besar, karavan, dan pohon, berdiri tegak di tengah laut.

10. CryptoPunk #5217 - $5,59 juta

#5217 adalah satu-satunya Ape Cryptopunk yang ditampilkan dalam daftar ini. Berwujud kera dengan topi rajutan dan rantai emas. #5217 adalah salah satu Cryptopunk paling langka di pasar, peringkat ke-34 menurut rarity.tools.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper