Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

RI Kaji Pajak Ekspor Progresif, Nikel Cetak Harga Tertinggi dalam 1 Dekade

Nikel terpantau membukukan rekor tertinggi pada perdagangan di Shanghai sejak 2015.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 13 Januari 2022  |  11:40 WIB
Ilustrasi produk nikel PT Ifishdeco Tbk. (IFSH). -  perseroan
Ilustrasi produk nikel PT Ifishdeco Tbk. (IFSH). - perseroan

Bisnis.com, JAKARTA – Harga nikel mencatat kenaikan tertinggi selama lebih dari 1 dekade setelah pemerintah Indonesia mempertimbangkan untuk memberlakukan pajak ekspor bagi komoditas ini.

Berdasarkan data Bloomberg pada Kamis (13/1/2022), harga nikel sempat naik hingga 1,2 persen ke level US$22.064 per ton di London Metal Exchange (LME). Angka tersebut merupakan harga tertinggi sejak September 2011 lalu.

Harga logam yang dijadikan bahan baku pembuatan baja tahan karat dan baterai kendaraan listrik tersebut juga terpantau membukukan rekor tertinggi pada perdagangan di Shanghai sejak 2015.

Katalis utama yang menopang reli harga nikel adalah rencana pemerintah Indonesia untuk memberlakukan pajak progresif untuk nikel dan feronikel pada tahun ini. Langkah ini akan memicu kenaikan biaya untuk perusahaan pemurnian di luar negeri dan berpotensi mengerek naik harga nikel.

Adapun, harga nikel telah menguat sekitar 10 persen sepanjang pekan ini setelah Tesla mengamankan pasokan komoditas ini dari Talon Metals Corp.

Harga komoditas logam dasar tengah menikmati tren kenaikan seiring dengan penguatan permintaan dan terganggunya pasokan. Analis Goldman Sachs Group, Nicholas Snowdon, dalam laporannnya menyebutkan defisit pasokan pada logam dasar masih akan terus terjadi.

Seiring dengan hal tersebut, Goldman Sachs meningkatkan target harga 12 bulan untuk alumunium, tembaga, dan seng.

Snowdon mengatakan, titik awal yang lebih ketat di pasar serta tren kendaraan listrik yang semakin populer dan keterbatasan pasokan akan menjadi katalis kenaikan harga nikel yang berkelanjutan.

“Pertumbuhan produksi nickel pig iron Indonesia pada tahun ini tidak akan cukup untuk menggeser pasar ke kondisi surplus pasokan,” jelas Snowdon dalam laporannya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekspor Pajak Nikel
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top