Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IHSG Dipengaruhi Data Cadangan Devisa, Rekomendasi Saham TLKM hingga UNVR

IHSG hari ini dipengaruhi respons pasar terhadap rilis data cadangan devisa periode kuartal IV/2021.
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 07 Januari 2022  |  05:40 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato dalam pembukaan perdagangan Bursa Efek Indonesia perdana tahun ini pada Senin (3/1 - 2022). IDX.
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato dalam pembukaan perdagangan Bursa Efek Indonesia perdana tahun ini pada Senin (3/1 - 2022). IDX.

Bisnis.com, JAKARTA - Indeks harga saham gabungan masih berpeluang menembus level 6.700 pada perdagangan hari ini, Jumat (7/1/2022), meskipun lesu dua sesi terakhir. Data cadangan devisa menjadi salah satu sentimen.

Pada Kamis (6/1/2022), IHSG ditutup terkoreksi tipis 0,13 persen atau 8,95 poin ke level 6.653,35. Sepanjang hari indeks bergerak pada rentang 6.593,30-6.679,85.

Tercatat 185 saham ditutup menguat, 372 saham melemah, sedangkan 213 saham diperdagangkan stagnan. Kapitalisasi pasar di Bursa Efek Indonesia tercatat senilai Rp8.379 triliun, sedangkan total transaksi mencapai Rp11 triliun.

Di tengah pelemahan indeks investor asing aktif melakukan aksi beli dengan net buy sebesar Rp645,18 miliar. Sepanjang 2022, net buy asing mencapai Rp1,25 triliun.

William Surya Wijaya, CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas, menyampaikan pola gerak IHSG dibayangi oleh tekanan yang terlihat masih berlanjut. Potensi koreksi wajar masih cukup besar mengingat kondisi market regional dan global yang terlihat sedang berada dalam tekanan.

"Namun jelang rilis data perekonomian hari ini yang akan dilansir tentang cadangan devisa terlihat akan memberikan sentimen terhadap pola gerak IHSG, sehingga momentum koreksi wajar masih dapat dimanfaatkan oleh para investor untuk melakukan akumulasi pembelian dengan target investasi jangka pendek dengan kategori trading harian," paparnya dalam publikasi riset.

Data sebelumnya, pemerintah menyatakan bahwa cadangan devisa Indonesia mencapai rekor tertinggi sepanjang sejarah pada kuartal III/2021, seiring neraca pembayaran yang surplus US$10,7 miliar.

William memprediksi hari ini IHSG berpotensi bergerak terkonsolidasi dalam rentang 6.538-6.702. Rekomendasi saham hari ini ialah ASII, UNVR, BBCA, ICBP, TLKM, AKRA, JSMR, WIKA.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG Indeks BEI rekomendasi saham cadangan devisa
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top