Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Anak Usaha ASSA, Autopedia Sukses Siap IPO Tawarkan Harga Rp200-Rp276

PT Autopedia Sukses Lestari Tbk. siap melakukan IPO dengan harga pelaksanaan berkisar Rp200-Rp276.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 30 Desember 2021  |  13:49 WIB
Karyawan mengamati pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menggunakan ponsel di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (6/10/2021). Bisnis - Himawan L Nugraha
Karyawan mengamati pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menggunakan ponsel di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (6/10/2021). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Di penghujung tahun, grup PT Adi Sarana Armada Tbk. (ASSA) bakal membawa anak usahanya IPO di Bursa Efek Indonesia pada Januari 2022. Calon emiten tersebut merupakan lini bisnis lelang mobil ASSA, yakni PT Autopedia Sukses Lestari Tbk.

Berdasarkan prospektus Autopedia Sukses Lestari, anak usaha ASSA ini bakal melepas sahamnya dengan meraup dana sebanyak-banyaknya Rp703,59 miliar

Perseroan bakal melepas 2.549.271.000 (2,55 miliar) sahamnya atau setara 20 persen. Harga pelaksanaan berkisar Rp200-Rp276.

"Periode book building dilaksanakan pada 29 Desember 2021-5 Januari 2022 dengan," ungkap prospektus, dikutip Kamis (30/12/2021).

PT Autopedia Sukses Lestari merupakan wadah dari berbagai bidang usaha yang berhubungan dengan otomotif, mulai dari lelang mobil dan motor, jual beli mobil online, jasa inspeksi, dan penyedia data harga mobil dan motor.

Saat ini, Autopedia bergerak dalam bidang balai lelang melalui entitas anak. Autopedia merupakan bagian dari Grup PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA).

Adapun, ASSA merupakan bagian dari Grup Triputra yang bergerak di berbagai sektor usaha antara lain agribisnis, manufaktur, pertambangan dan jasa perdagangan.

Melihat sejarahnya, pada pertengahan tahun 2014, Autopedia mendirikan lelang mobil (car auction) BidWin yang berlokasi di Tipar Cakung, Jakarta. Lelang mobil ini terus berkembang hingga dengan lokasi tersebar di beberapa kota di Indonesia dan jumlah mobil dan motor yang dilelang terus meningkat.

Dengan perkembangan yang semakin pesat pada tahun 2019, Autopedia mengakuisisi 51 persen saham PT JBA Indonesia (JBAI), yang merupakan salah satu pionir lelang otomotif terkemuka di Indonesia yang memiliki induk perusahaan Japan Bike Auction di Yokohama, Jepang. Akuisisi tersebut menghasilkan satu merek terkemuka dengan nama JBA BidWin Auction atau lebih dikenal dengan JBA.

Sejak akuisisi tersebut, kegiatan usaha di bidang jasa lelang hanya dijalankan melalui Entitas Anak yakni JBAI dan sekaligus menjadi bisnis lelang nomor 1 dan salah satu terbesar di Indonesia dengan jumlah average buyer 30.000 per tahun, dan GMV mencapai lebih dari Rp5 triliun.

Adapun, penjamin emisi efek IPO Autopedia yakni PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk. dan PT Ciptadana Sekuritas Asia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bursa efek indonesia ipo adi sarana armada Autopedia Sukses Lestari
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top