Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Theodore Permadi Rachmat, pendiri Triputra Group yang juga orang terkaya Indonesia peringkat ke-7 versi Forbes. - Bisnis/Nurul Hidayat
Lihat Foto
Premium

Langkah Kuda Emiten Crazy Rich TP Rachmat (ASSA) Lewat IPO Autopedia (ASCL)

Jadwal IPO PT Autopedia Sukses Lestari direncanakan pada 19 Januari 2022 mendatang. Aksi korporasi pencatatan saham perdana ini masih menunggu pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan.
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com
29 Desember 2021 | 20:22 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten rental kendaraan yang dikendalikan orang terkaya Indonesia Theodore Permadi Rachmat, PT Adi Sarana Armada Tbk. (ASSA) semakin ambisius mengembangkan bisnisnya di segmen otomotif. Hal ini tergambar dari rencana perseroan untuk mengutus salah satu entitas anak, PT Autopedia Sukses Lestari untuk menggalang dana lewat IPO di lantai bursa.

Berencana menggunakan kode emiten ASLC, Autopedia telah memulai fase book building pekan ini. Bila tidak ada aral melintang, penawaran perdana saham publik (IPO) Autopedia bakal dilakukan pertengahan Januari 2022 mendatang.

TP Rachmat merupakan pengendali akhir ASCL dengan kepemilikan langsung 4,97 persen. Sedangkan entitas yang juga mewakili orang terkaya Indonesia ke-16 versi Forbes 2021 ini juga mengendalikan lewat ASSA. Pada ASSA yang menjalankan bisnis rental mobil dan logistik itu, TP Rachmat menjadi pengendali melalui PT Adi Dinamika Investindo (23,92 persen) dan PT Daya Adicipta Mustika (18,28 persen). 

Sementara itu mengacu prospektus, dana yang diincar Autopedia dari IPO kali ini adalah maksimal Rp703,59 miliar. Angka ini didapat dari asumsi jumlah saham baru diterbitkan mencapai lebih dari 2,54 miliar lembar dan harga penawaran pada rentang Rp200 hingga Rp276 per saham .

Manajemen menjelaskan bahwa 64,98 persen atau sebanyak-banyaknya Rp457,19 miliar dari dana hasil IPO bakal digunakan untuk modal kerja.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top