Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo Sudah Tunjuk Direksi dan Komisaris Sub Holding, Ada Ngabalin sampai Mantan Ketua BPK

Pelindo II yang menjadi entitas survival dari merger Pelindo I, II, III, dan IV sudah memutuskan jajaran direksi terpilih untuk 4 sub holding yang ada di dalamnya
Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi KSP Ali Mochtar Ngabalin./Antara
Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi KSP Ali Mochtar Ngabalin./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Entitas BUMN Pelabuhan hasil merger, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) telah menunjuk sejumlah direksi dan komisaris untuk sub holdingnya. Sejumlah nama yang masuk di antaranya ialah Ali Mochtar Ngabalin dan Arman Depari sebagai Komisaris.

Berdasarkan informasi yang Bisnis terima, Selasa (12/10/2021), Pelindo II yang menjadi entitas survival dari merger Pelindo I, II, III, dan IV sudah memutuskan jajaran direksi terpilih untuk 4 sub holding yang ada di dalamnya, termasuk nama dari perusahaan sub holding yang ada.

Direktur Utama Pelabuhan Indonesia Arif Suhartono juga mengamini isi dari dokumen tersebut. Para direksi dan komisaris pun sudah efektif bekerja sebagaimana mestinya.

Adapun entitas sub holding tersebut diisi PT Terminal Petikemas Indonesia yang menjadi anak usaha yang membidangi urusan terminal peti kemas di seluruh Indonesia, kemudian PT Pelindo Multi Terminal yang mengurusi terminal barang di luar peti kemas.

Adapula, PT Pelindo Jasa Maritim yang membidangi seluruh aktivitas penunjang terkait kemaritiman seperti jasa tunda dan labuh, dan PT Pelindo Solusi Logistik yang mengurusi penunjang aktivitas pelabuhan lainnya.

Direksi dan Komisaris terpilih merupakan hasil dari konsultasi Pelindo dengan pemegang saham yakni Kementerian BUMN. Adapun, jajaran terpilih diisi nama-nama lama dan baru dari internal dan eksternal Pelindo sebelum merger.

Nama-nama beken seperti Ali Mochtar Ngabalin, mantan Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara, hingga Arman Depari masuk jajaran komisarisnya.

Adapun, PT Terminal Petikemas Indonesia dipimpin oleh M. Adji sebagai Direktur Utama, Rima Novianti sebagai Direktur Strategi dan Komersial, Muarip sebagai Direktur Operasi, Dothy sebagai Direktur Teknik dan Edi Priyanto sebagai Direktur SDM, dan Endot Endrardono sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko.

Sementara, jajaran Komisaris Terminal Petikemas Indonesia diisi oleh Moermahadi Soerja Djanegara sebagai Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen.

Kemudian, ada Bahaduri Wijayanta Bekti Mukarta sebagai Komisaris, Ronaidus Mujur sebagai Komisaris, Montty Girianna sebagai Komisaris, Nurrachman sebagai Komisaris Independen, Ubadiliah Amin sebagai Komisans Independen, dan Ali Mochtar Ngabalin sebagai Komisaris Independen.

Sementara itu, PT Pelindo Multi Terminal diisi oleh :
Direktur Utama : Drajat Sulistyo
Direktur Strategi dan Komersial : Ogi Rulino
Direktur Operasi : Ridwan Sani Siregar
Direktur Teknik : Prakosa Hadi Takariyanto
Direktur SDM : Ady Sutrisno
Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko : Yon Irawan

Jajaran Komisaris Pelindo Multi Terminal diisi oleh :
Komisaris Utama dan Independen : Darwanto
Komisaris : Arman Depari
Komisaris : Ahmad Perwira Mulia Tarigan
Komisaris : M Yusuf Permana
Komisaris Independen : Herbert Timbo Parluhutan Siahaan
Komisaris Independen : Syahrian Harahap

Jajaran direksi PT Pelindo Jasa Maritim, yakni Prasetyadi sebagai Direktur Utama; Hosadi Apriza Putra sebagai Direktur Strategi dan Teknik; Zuhri Iryansyah sebagai Direktur Operasi dan Komersal; I Made Herdianta Gautama sebagai Direktur SDM; Choirul Anwar sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko.

Sementara jajaran komisaris Pelindo Jasa Maritim diisi oleh Fachry Ari sebagai Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen; Neil Iskandar Daulay sebagai Komisaris; Achmad Idrus sebagai Komisaris; Sukriansyah S Latief sebagai Komisaris; dan Eris Herryanto sebagai Komisaris Independen.

Pengisi jajaran direksi PT Pelindo Solusi Logistik, yakni Joko Noerhudha sebagai Direktur Utama; Retno Soelistianti sebagai Direktur Strategi; Kokok Susanto sebagai Direktur Komersial; dan Roy Leonard sebagai Direktur SDM dan Keuangan.

Adapun, sebagai induk, berikut adalah daftar nama-nama jajaran Komisaris dan Direksi dari Pelindo II.

Komisaris:
- Komisaris Independen (Plt Komisaris Utama): Marsetio
- Komisaris Independen: Irma Suryani Chaniago
- Komisaris Independen: Heru Sukanto
- Komisaris: Antonius Ranier Haryanto
- Komisaris: R. Agus H. Purnomo
- Komisaris: Didi Sumedi
- Komisaris: Sudung Situmorang

Direksi:
- Direktur Utama: Arif Suhartono
- Wakil Direktur Utama: Hambra
- Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: Mega Satria
- Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum: Ihsanuddin Usman
- Direktur Strategi: Prasetyo
- Direktur Investasi: Boy Robyanto
- Direktur Pengelola: Putut Sri Muljanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper