Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi 5 Aplikasi Investasi Terpopuler untuk Pemula

Ada sejumlah aplikasi investasi saham maupun reksa dana berizin OJK yang paling populer di Google Playstore dan App Store.
Ilustrasi diversifikasi investasi/Freepik.com
Ilustrasi diversifikasi investasi/Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA – Kecanggihan teknologi saat ini mempermudah investor pemula untuk melakukan investasi, salah satunya dengan melakukan investasi dengan aplikasi yang bisa diakses hanya melalui telepon genggam. 

Saat ini, aplikasi layanan investasi mulai menghadirkan fitur-fitur yang beragam untuk semakin mempermudah investor. Namun, ada berbagai macam aplikasi yang bisa dipilih oleh investor pemula sehingga kadang kala membuat bingung. 

Bisnis telah merangkum, aplikasi untuk berinvestasi telah berizin OJK yang paling populer via Google Playstore dan App Store, berikut daftarnya.

1. Ajaib

Ajaib merupakan aplikasi milik PT Takjub Teknologi Indonesia dan PT Ajaib Sekuritas Asia. Di Google Playstore, Ajaib tercatat telah diunduh lebih dari 1 juta kali dan mendapat rating 4. Adapun di App Store aplikasi satu ini memiliki rating 3,9. 

Ajaib memungkinkan para pengguna untuk berinvestasi mulai dari Rp10.000. Adapun produk yang ditawarkan meliputi saham dan reksa dana.

2. Pluang 

Pluang adalah aplikasi investasi untuk beberapa aset investasi seperti kripto, emas, ekuitas Amerika, dan reksa dana. Aplikasi Pluang telah diunduh lebih dari 1 juta kali via Google Play Store dengan rating 4,2. Sementara, via App Store Pluang mendapat rating 4. 

Pluang merupakan saluran ritel PT PG Berjangka (untuk produk emas dan indeks S&P 500), PT Zipmex Exchange Indonesia (untuk Bitcoin dan Ethereum), dan TokoCrypto. Ketiganya telah mendapatkan izn dari Bappebti. 

3. Bibit 

Bibit merupakan aplikasi investasi reksa dana yang dibuat oleh PT Bibit Tumbuh Bersama. Di PlayStore, Bibit telah diunduh lebih dari 1 juta kali dan mendapatkan rating 4,6. Sedangkan, di App Store mendapatkan rating 4,8. 

Bibit memiliki fitur AI bernama Robo Advisor, yang memberikan rekomendasi dan menyesuaikan pola investasi berdasarkan umur, penghasilkan, level risiko, dan target tujuan hidup sang investor.

4. IPOT

IPOT adalah aplikasi investasi milik PT Indo Premier Sekuritas. Aplikasi IPOT telah diunduh lebih dari 1 juta kali via Google Play Store dengan rating 4,7. Sementara, via App Store IPOT mendapat rating 3,2. 

Di aplikasi ini, con investor bisa memilih beberapa aset investasi mulai dari saham, reksa dana dan EFT.  IPOT juga memiliki sistem Robot Trading yang akan menjalankan instruksi penjualan atau pembelian pada harga yang investor inginkan. 

5. KoinWorks 

KoinWorks merupakan aplikasi berbasis peer-to-peer (p2p) lending. Di Google Playstore, KoinWorks tercatat telah diunduh lebih dari 400.000 kali dan mendapat rating 4,1. Adapun di App Store aplikasi satu ini memiliki rating 4,4. 

Selain itu, masyarakat dapat melakukan investasi emas melalui fitur KOINGOLD dan investasi di aset obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintah melalui fitur KOINBOND.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yuliana Hema
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper