Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gandeng Gojek, Grab, hingga Tokopedia, Penjualan Emiten Pengelola Hypermart (MPPA) Naik Dobel Digit

Pada semester I/2021, MPPA membukukan penjualan bruto Rp2 triliun, naik 16,2 persen.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 03 Agustus 2021  |  14:09 WIB
Petugas Hypermat tengah memindahkan barang belanjaan konsumen. Layanan park and pick up menjadi salah satu layanan baru PT Matahari Putra Prima Tbk. sejak penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). - hypermart.co.id
Petugas Hypermat tengah memindahkan barang belanjaan konsumen. Layanan park and pick up menjadi salah satu layanan baru PT Matahari Putra Prima Tbk. sejak penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). - hypermart.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten peritel, PT Matahari Putra Prima Tbk. membukukan pertumbuhan kinerja pada semester I/2021, dengan kenaikan penjualan kotor dan juga tumbuhnya penjualan online.

Berdasarkan keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), emiten berkode saham MPPA tersebut menyampaikan bahwa transformasi perseroan menjadi bisnis offline to online (O2O), mampu membawa perseroan mencatatkan pertumbuhan kinerja keuangan yang positif di kuartal kedua 2021.

Perseroan mengumumkan bahwa pada semester I/2021 ini, telah mencatatkan penjualan kotor lebih dari Rp2 triliun atau tumbuh 16,2 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Tidak hanya itu, penjualan online perseroan pun disebutkan tumbuh 21,3 persen jika dibandingkan dengan kuartal kedua 2020. Pada keterbukaan informasi disebutkan, menurut data NielsenIQ, market share MPPA terus tumbuh dan mencapai 24,1 persen di pasar supermarket dan hypermarket.

Chief Executive Officer MPPA Elliot Dickson mengungkapkan bahwa emiten tersebut telah berada pada jalur transformasi O2O yang baik, serta diikuti dengan peningkatan omzet penjualan dan laba bruto yang stabil.

“Kami yakin bahwa MPPA mampu bertransformasi menjadi salah satu pemain online groceries terbesar di Indonesia yang telah sukses bersinergi dengan berbagai Indonesian giant tech (GoMart, Tokopedia, GrabMart, Shopee, BliBli dan JD.ID),” tulis Elliot dalam keterbukaan informasi, dikutip Selasa (3/8/2021).

Seperti disebutkan, perseroan pada tahun ini berencana untuk terus menggenjot kinerja perseroan dengan penawaran bisnis online sebagai strategi O2O pada tahun ini dan kedepannya.

Sepanjang tahun ini pun telah tercatat beberapa upaya perseroan menggenjot kinerja online dengan melakukan kerja sama dengan berbagai platform online. Teranyar, MPPA kini memiliki 76 titik toko virtual dalam kemitraannya dengan Gojek.

Pada 9 September 2021 mendatang, MPPA pun berencana akan melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan dilaksanakan secara elektronik. Di mana mata acara akan diumumkan pada 18 Agustus 2021 mendatang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hypermart Kinerja Emiten matahari putra prima
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top