Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ikut Serta Vaksin Gotong Royong, 1.000 Karyawan HMSP Siap Divaksin

Vaksinasi Gotong Royong resmi dibuka oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo, dan dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Ketua KADIN Indonesia Rosan Roeslani, di kawasan industri di Cikarang dan Karawang yang diikuti oleh 18 pelaku industri dan memvaksinasi total 40.000 orang.
Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan vaksinasi Gotong Royong perdana kepada para pekerja di Kawasan Industri Jababeka, Bekasi, Jawa Barat, Selasa 18 Mei 2021 - Youtube Setpres.
Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan vaksinasi Gotong Royong perdana kepada para pekerja di Kawasan Industri Jababeka, Bekasi, Jawa Barat, Selasa 18 Mei 2021 - Youtube Setpres.

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten produsen rokok, PT HM Sampoerna Tbk., turut berpartisipasi dalam peluncuran program vaksinasi Gotong Royong yang merupakan kerja sama antara Pemerintah Republik Indonesia dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN).

Acara itu secara resmi dibuka oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo, dan dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Ketua KADIN Indonesia Rosan Roeslani, di kawasan industri di Cikarang dan Karawang yang diikuti oleh 18 pelaku industri dan memvaksinasi total 40.000 orang.

Penyelenggaraan vaksin itu bekerja sama dengan Bio Farma sebagai penyedia vaksin serta Kimia Farma sebagai penyedia pelayanan kesehatan

Presiden Direktur HM Sampoerna Mindaugas Trumpaitis menjelaskan bahwa sebagai tahap awal, perseroan akan mendapatkan alokasi vaksin mandiri untuk 1.000 karyawan di fasilitas produksi Kabupaten Karawang, Jawa Barat. 

Pemberian vaksinasi dosis pertama akan dilakukan secara bertahap, yaitu 500 karyawan emiten berkode saham HMSP itu akan mendapatkan dosis pertama vaksin Covid-19 pada 18 Mei 2021, dan selebihnya akan dilakukan secara bertahap pada 23 dan 24 Mei 2021. 

Adapun, pemilihan area pada tahap awal pemberian vaksin ditentukan oleh KADIN dan Pemerintah yang difokuskan pada zona merah dan kawasan industri. 

“Partisipasi Sampoerna dalam program vaksin mandiri Gotong Royong merupakan bukti nyata komitmen perusahaan dalam menempatkan kesehatan dan keselamatan karyawan pada prioritas utama,” ujar Trumpaitis dikutip dari keterangan resminya, Selasa (18/5/2021).

Trumpaitis mengungkapkan, pihaknya terus berupaya untuk mendapatkan alokasi vaksin mandiri sejak program ini pertama kali diumumkan oleh pemerintah dan KADIN.

Menurutnya, sebagai salah satu pelaku industri padat karya, program vaksinasi mandiri ini penting untuk memberikan perlindungan bagi karyawannya sekaligus mendukung Pemerintah untuk mempercepat pembentukan kekebalan kelompok (herd immunity). 

Melalui KADIN, HMSP telah mendaftarkan total sekitar 65.000 karyawan Sampoerna maupun karyawan Mitra Produksi Sigaret yang tersebar di berbagai Kota/Kabupaten di Pulau Jawa untuk mendapatkan vaksin mandiri, yang mana keseluruhan biaya akan ditanggung oleh perusahaan. 

Selain vaksinasi, HMSP secara proaktif dan berkelanjutan telah mengambil langkah strategis yang difokuskan pada keselamatan dan kesehatan karyawan. 

Perseroan juga senantiasa menjaga kualitas produk dan integritas merek yang dihasilkan lewat penerapan protokol kesehatan dan kebersihan secara ketat di seluruh area operasional dan fasilitas produksi sesuai dengan peraturan dan arahan Protokol Pencegahan Covid-19 bagi pelaku usaha yang dikeluarkan oleh Pemerintah dan Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. 

“Seluruh upaya ini merupakan bagian dari wujud peran serta kami dalam membantu Pemerintah untuk mencegah dan menghentikan laju penularan Covid-19 di Indonesia demi segera tercapainya pemulihan ekonomi nasional secara keseluruhan,” papar Trumpaitis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper