Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Alfamart (AMRT) Serap Capex Rp700 Miliar selama Kuartal I/2021

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (AMRT) menyiapkan capex senilai Rp2,5 triliun-Rp3 triliun untuk tahun ini.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 16 Mei 2021  |  12:41 WIB
Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Peter Suryadi, Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Tomin Widian, Presiden Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. A. Hans Prawira, dan Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Solihin memaparkan kinerja perusahaan pada 2020 dan rencana bisnis 2021 dalam parparan publik di Alfa Tower, Alam Sutera, Kamis (6/5/2021). - Bisnis/Dwi Nicken Tari
Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Peter Suryadi, Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Tomin Widian, Presiden Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. A. Hans Prawira, dan Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Solihin memaparkan kinerja perusahaan pada 2020 dan rencana bisnis 2021 dalam parparan publik di Alfa Tower, Alam Sutera, Kamis (6/5/2021). - Bisnis/Dwi Nicken Tari

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten konsumer eceran PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. telah menyerap belanja modal atau capital expenditure sekitar Rp700 miliar selama kuartal I/2021.

Direktur dan Sekretaris Perusahaan Sumber Alfaria Trijaya Tomin Widian mengungkapkan perseroan menyiapkan capex senilai Rp2,5 triliun-Rp3 triliun untuk tahun ini. Sumber dana dari capex tersebut berasal dari kas internal.

“Realisasi capex pada kuartal I/2021 itu berkisar Rp700 miliar untuk pembukaan gerai dan perpanjangan sewa,” kata Tomin beberapa waktu lalu.

Adapun, emiten dengan kode saham AMRT ini sudah membuka kurang-lebih 250 gerai pada periode Januari—Maret 2021. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Tomin menunjukkan lokasi gerai baru itu lebih banyak di Pulau Jawa seiring dengan strategi perseroan mengincar wilayah dengan pertumbuhan ekonomi ekspansif.

Selain ekspansi gerai, AMRT juga akan menggunakan capex tersebut untuk pengembangan lini bisnis baru yaitu usaha restoran dan kafe. Dengan lini bisnis itu, AMRT dapat menjual dan menyajikan makanan-minuman untuk umum di tempat usahanya.

Gerai ini akan diberi nama “Alfa X” yang dilengkapi pojok kopi “Bean Spot. Sebelumnya, kedua kegiatan usaha tersebut bukan merupakan salah satu dari bidang usaha AMRT.

Presiden Direktur Sumber Alfaria A. Hans Prawira mengatakan capex yang diperlukan untuk pengembangan bisnis ini mencapai sekitar Rp100 miliar. Namun, pandemi sejak tahun lalu membuat perseroan akan meninjau ulang lagi kecepatan ekspansi bisnis baru tersebut.

“Capex-nya berapa? Kami agak hati-hati melihat pengembangan Alfa X ini terlebih saat pandemi karena penggagasannya sudah sejak sebelum pandemi,” ujar Hans.

Awalnya perseroan berniat membuka Alfa X yang memadukan minimarket sekaligus tempat berkumpul (coworking space) di gerai-gerai Alfamart yang sudah ada. Hingga 31 Desember 2020 perseroan memiliki gerai Alfamart sejumlah 15.434 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.

Oleh karena daya beli terpukul pandemi, saat ini Hans mengatakan pembukaan Alfa X tidak akan lebih dari 50 corner saja.

Begitu pula dengan Bean Spot tidak akan dibuka di seluruh gerai perseroan. Adapun, Bean Spot merupakan pojok yang menjual kopi segar (fresh coffee). Awalnya, perseroan melihat ada 1.500—2.000 gerai yang berpotensi mendapat tambahan Bean Spot ini.

“Bean Spot rencananya dibuka di Alfamart yang berpotensi menjual fresh coffee, tidak di semua Alfamart,” imbuh Hans.

Berdasarkan laporan keuangan tahunan 2020, pengelola gerai waralaba Alfamart ini mencatatkan pendapatan senilai Rp75,82 triliun. Realisasi itu naik 3,95 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) dari tahun sebelumnya Rp72,94 triliun.

Kendati pendapatan meningkat, beban yang meningkat bikin laba AMRT tercatat senilai Rp1,06 triliun pada 2020 atau turun 4,58 persen dibandingkan dengan 2019 senilai Rp1,11 triliun.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

belanja modal capex emiten ritel sumber alfaria trijaya
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top