Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Strategi Erick Thohir Setelah BUMN Merugi Akibat Pandemi

Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan strategi bertahan hidup atau survival dijalankan hingga kuartal II/2021, hal ini guna melindungi BUMN strategis dan BUMN yang terdampak pandemi Covid-19.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 29 April 2021  |  16:09 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. - Antara
Menteri BUMN Erick Thohir. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian BUMN menyiapkan strategi untuk bangkit. Mode bertahan hidup dipasang hingga kuartal II/2021, transformasi baru terjadi pada 2024.

Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan strategi bertahan hidup atau survival dijalankan hingga kuartal II/2021, hal ini guna melindungi BUMN strategis dan BUMN yang terdampak pandemi Covid-19.

"Suka tidak suka di kuartal II/2021 ini mode-nya survival atau kelangsungan hidup, di mana kami tetap melindungi BUMN strategis yang terdampak pandemi di bisnisnya, lalu kami juga secara bersama mengubah strategi secara besar," jelasnya, Kamis (29/4/2021).

Erick menegaskan transformasi rantai pasok diperkuat, serta meningkatkan pengawasan good corporate governance, membangun talenta kompetitif dan menyiapkan bisnis model yang adaptif pasca Covid-19, tetapi tetap fokus pada bisnisnya.

Hingga kuartal II/2021, BUMN mempersiapkan klasterisasi berdasarkan keterkaitan supply chain dan kesamaan industri untuk meningkatkan sinergi.

Selain itu, restrukturisasi dan realignment dilakukan hingga kuartal II/2022. BUMN akan memperbaiki portofolio dengan restrukturisasi korporasi yang bertujuan melakukan konsolidasi dan simplifikasi. BUMN juga mempersiapkan landasan inovasi model bisnis baru.

"Pada 2022 menjadi era restrukturisasi dan realignment di BUMN, baru mengharapkan di 2024 dan 2023 BUMN bisa kembali normal dengan inovasi dan transformasi yang kami terapkan sekarang," urainya.

Hingga 2024, BUMN membentuk inovasi dan transformasi dengan menciptakan kesempatan partisipasi sektor swasta dan melakukan spesialisasi BUMN dengan tujuan komersil dan sosial.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMN erick thohir
Editor : Ropesta Sitorus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top