Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pefindo Kantongi Mandat Penerbitan Surat Utang Rp41,29 Triliun

Berdasarkan data Pefindo per 28 Februari 2021, dari jumlah tersebut paling banyak merupakan rencana penerbitan berbentuk obligasi PUB.
Dhiany Nadya Utami
Dhiany Nadya Utami - Bisnis.com 23 Maret 2021  |  17:33 WIB
Logo PT Pemeringkat Efek Indonesia. - Pefindo
Logo PT Pemeringkat Efek Indonesia. - Pefindo

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) mengantongi mandat penerbitan surat utang korporasi dari 33 perusahaan senilai Rp41,29 triliun.

Berdasarkan data Pefindo per 28 Februari 2021, dari jumlah tersebut paling banyak merupakan rencana penerbitan berbentuk obligasi PUB dengan target emisi Rp17,03 triliun, diikuti penerbitan PUB baru Rp6,75 triliun.

Selanjutnya, rencana penerbitan berbentuk medium term notes (MTN) senilai Rp6,45 triliun, obligasi Rp4,95 triliun, sukuk Rp4,54 triliun, dan sekuritisasi Rp1,55 triliun.

Jika dilihat berdasarkan industri, sektor konstruksi paling banyak memiliki rencana penerbitan surat utang, yakni 4 perusahaan dengan total rencana emisi Rp7,50 triliun. Diikuti sektor pembiayaan sebanyak 3 perusahaan dengan rencana emisi Rp4,80 triliun.

Diikuti 2 perusahaan dari sektor industri pembiayaan dengan total rencana emisi Rp4,91 triliun, 1 perusahaan industri bubur kertas dan tissue senilai Rp4 triliun, dan 1 perusahaan pulp & paper senilai Rp3,25 triliun.

Lalu masing-masing ada 3 perusahaan dari sektor properti, manufaktur, dan multifinance, dengan akumulasi rencana emisi masing-masing sektor senilai Rp2,70 triliun, Rp2,30 triliun, dan Rp2,30 triliun; serta 1 perusahaan perkebunan dengan rencana emisi Rp2,07 triliun.

Sisanya, ada 11 perusahaan dari berbagai sektor di antaranya kelistrikan, pertambangan, perbankan, inudstri jasa teknologi, dan sekuritas dengan nilai rencana emisi beragam, mulai dari Rp100 miliar hingga Rp1,50 triliun.

Adapun, jika berdasarkan kelompok institusi, sebanyak 14 perusahaan merupakan badan usaha milik negara (BUMN) dengan nilai rencana emisi RP19,56 triliun, sedangkan 19 perusahaan berasal dari kalangan non BUMN dengan nilai rencana emisi Rp21,72 triliun.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Obligasi pefindo surat utang
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top