Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terbitkan 7 Miliar Saham Baru dan Waran, Smartfren (FREN) Target Raih Rp10 Triliun

Dalam penerbitan saham baru dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD), FREN menargetkan mendapatkan dana segar Rp840 miliar dan waran Rp9,199 miliar.
Model memperlihatkan Kartu Perdana BosKu (Bonus Kuota) saat peluncurannya di Jakarta, Selasa (26/3/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam
Model memperlihatkan Kartu Perdana BosKu (Bonus Kuota) saat peluncurannya di Jakarta, Selasa (26/3/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten telekomunikasi, PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) baru saja menerbitkan prospektus singkat rencana rights issue atau penerbitan saham baru dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD). Perseroan menargetkan mendapatkan dana segar Rp840 miliar dan waran Rp9,199 triliun.

Corporate Secretary Smartfren Telecom James Wewengkang mengungkapkan prospektus diterbitkan pada Senin (8/3/2021). Langkah ini guna mendapatkan dana segar dari pasar.

"Penerbitan Prospektus Ringkas dalam rangka Penambahan Modal Dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu PT Smartfren Telecom Tbk Tahun 2021," jelasnya dalam pengantar prospektus, Senin (8/3/2021).

Lebih lanjut, prospektus menyebutkan Smartfren akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 7.000.000.000 atau 7 miliar saham biasa dengan nama Seri C dengan nilai nominal Rp100 per saham yang akan ditawarkan dengan Harga Penawaran Rp120 per saham.

Dengan demikian, seluruh sahamnya akan bernilai sebanyak-banyaknya Rp840.000.000.000 atau Rp840 miliar dan sebanyak-banyaknya Rp91.990.000.000 atau Rp9,199 triliun Waran Seri III yang diterbitkan menyertai saham biasa atas nama hasil pelaksanaan HMETD. Artinya, total dana yang akan dikumpulkan perseroan mencapai Rp10,03 triliun.

Saham yang berasal dari pelaksanaan HMETD dan saham hasil pelaksanaan Waran Seri III menjadi saham yang berasal dari portepel dan akan dicatatkan di PT Bursa Efek Indonesia (BEI). Rasio HMETD dan Waran Seri III akan ditetapkan kemudian.

HMETD ini diperdagangkan di BEI dan dilaksanakan mulai 23 April 2021 sampai dengan tanggal 29 April 2021. HMETD yang tidak dilaksanakan hingga tanggal akhir periode tersebut dinyatakan tidak berlaku lagi.

"Saham Baru memiliki hak yang sama dan sederajat dalam segala hal termasuk hak dividen dengan saham yang telah disetor penuh lainnya," paparnya dalam prospektus.

Setiap HMETD dalam bentuk pecahan akan dibulatkan ke bawah (round down), di mana hak atas pemecahan Saham Baru tersebut akan dijual oleh Perseroan dan hasil penjualannya dimasukkan ke rekening Perseroan.

Adapun, Waran Seri III adalah efek yang memberikan kepada pemegangnya hak untuk melakukan pembelian saham biasa atas nama yang bernilai nominal Rp100 setiap sahamnya dengan harga pelaksanaan Rp100 per saham.

Waran Seri III ini dapat dilaksanakan selama masa berlakunya pelaksanaan yaitu mulai 23 Oktober 2021 sampai dengan 22 April 2026 dimana setiap 1 Waran Seri III berhak membeli 1 saham baru perseroan.

Adapun, setiap Waran Seri III dalam bentuk pecahan akan dibulatkan ke bawah (round down). Pemegang Waran Seri III tidak mempunyai hak sebagai Pemegang Saham termasuk hak atas dividen selama Waran Seri III tersebut belum dilaksanakan menjadi saham.

Apabila Waran Seri III tersebut tidak dilaksanakan menjadi saham sampai habis masa berlakunya, maka Waran Seri III tersebut menjadi kadaluarsa, tidak bernilai dan tidak berlaku. Jangka waktu pelaksanaan Waran Seri III ini tidak akan diperpanjang.

Apabila saham yang ditawarkan dalam PUT IV ini tidak seluruhnya diambil oleh pemegang saham atau pemegang bukti HMETD, maka sisanya akan dialokasikan kepada pemegang saham lainnya yang melakukan pemesanan lebih besar dari haknya.

Smartfren dalam melakukan PUT IV ini telah mendapatkan persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) sebagaimana ternyata dalam Surat Keterangan No. 07/2021 pada 2 Maret 2021 yang dikeluarkan oleh Bertha Suriati Ihalauw Halim, S.H, Notaris di Jakarta Pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper