Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kabar Pasar: Jalur Cepat Tarik Investasi hingga KPR Mulai Merekah

Gerbang investasi kian terbuka lebar sejalan dengan banyaknya pelonggaran yang diberikan oleh pemerintah kepada investor melalui Perpres No. 10/2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 25 Februari 2021  |  07:06 WIB
Layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (12/11/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha
Layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (12/11/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Kabar dari sejumlah sektor ekonomi menjadi sorotan harian Bisnis Indonesia edisi hari ini, Kamis (25/2/2021), mulai dari jalur cepat tarik investasi.

Kemudian kabar dari milenial dan gen Z yang makin berjaya di data Bursa Efek Indonesia (BEI). Dan tak ketinggalan berita hunian jadi buruan.

Berikut beberapa rincian isu-isu terkini seputar perekonomian di Indonesia:

1. Jalur Cepat Tarik Investasi
Gerbang investasi kian terbuka lebar sejalan dengan banyaknya pelonggaran yang diberikan oleh pemerintah kepada investor melalui Perpres No. 10/2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal. Beleid tersebut diyakini mampu menjawab berbagai hambatan investasi yang sering dikeluhkan oleh pelaku usaha.

2. Milenial & Gen Z Kian Berjaya
Data Bursa Efek Indonesia (BEI) per 29 Januari 2021 mencatat, investor usia muda atau di bawah 40 tahun mencapai 1,39 juta atau 75% dari total investor saham domestik.Sepanjang tahun berjalan, jumlah investor muda naik 104.813 investor atau 50,7% dari total investor baru di awal tahun ini.

3. KPR Mulai Merekah
Bank Indonesia dalam laporan uang beredar Januari 2021 mencatat kredit pemilikan rumah (KPR) mencapai Rp521,2 triliun pada Januari 2021, atau tumbuh 3,6% secara yoy. Angka pertumbuhan itu meningkat dari pertumbuhan Desember 2020 sebesar 3,4% secara tahunan yang sejalan dengan tren perbaikan kredit.

4.Tegakan Khitah Tax Holiday
Pemerintah tengah memutar otak untuk mencari solusi atas memblenya efek dari tax holiday yang sudah meleset dari khitahnya. Pemerintah telah memberikan fasilitas tersebut kepada 85 perusahaan. Akan tetapi, tercatat hanya tiga perusahaan yang mengeksekusi komitmen investasinya.

5. BST Tahap II rampung pe­kan ini
Bantuan Sosial Tunai (BST) Tahap II 2021 ditargetkan rampung pekan ini. Hingga 24 Februari 2021, distribusi bantuan telah mencapai 90%. Bantuan tersebut diperuntukkan bagi masyarakat terdampak Covid-19, sejumlah wilayah sedang dilanda bencana banjir.

6.Hunian Jadi Buruan
Properti residensial segmen harga Rp500 juta hingga Rp2 miliar diproyeksikan menjadi buruan pembeli sepanjang tahun ini. Pada survei Januari-Juni 2020, rumah dengan segmen harga kurang dari Rp500 juta paling diminati atau sebesar 51,8%. Selanjutnya, rumah dengan segmen Rp500 juta hingga Rp1 miliar yang mencapai 15,3%, dan segmen Rp1 miliar-Rp2 miliar 12,1%.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi bursa efek indonesia kpr
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top