Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IPCM Genjot Pendapatan Non-Pelindo II, Berapa Targetnya?

PT Jasa Armada Indonesia Tbk. (IPMC) mengandalkan peningkatan pendapatan dari non-Pelindo II.
Nahkoda mengoperasikan kapal tunda (tug boat) untuk menarik kapal kargo yang akan berlayar di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Senin (3/12/2018)./ANTARA-Didik Suhartono
Nahkoda mengoperasikan kapal tunda (tug boat) untuk menarik kapal kargo yang akan berlayar di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Senin (3/12/2018)./ANTARA-Didik Suhartono

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten jasa pandu dan tunda kapal PT Jasa Armada Indonesia Tbk. (IPCM) menargetkan peningkatan kinerja secara keseluruhan mencapai 5 persen pada 2021.

Direktur Utama Jasa Armada Indonesia Amri Yusuf menuturkan perseroan akan fokus ke bisnis inti pada 2021. Langkah itu dengan terus berupaya meningkatkan pasar yang sudah digarap dan terus meningkatkan layanan.

"Dengan pengalaman, kami terus ekspansi ke area-area lain yang relevan dengan bisnis kami. Selain layanan pelabuhan umum, kami juga masuk ke pelabuhan-pelabuhan khusus yang dioperatori non-IPC [Pelindo II], seperti TUKS dan terminal khusus," urainya dalam kunjungan virtual ke Bisnis Indonesia, Kamis (11/2/2021).

Amri mengatakan perseroan menargetkan pertumbuhan secara keseluruhan 5 persen pada 2021. IPCM menargetkan komposisi besar di luar dari pasar induk usaha.

IPCM baru saja menambah portofolio baru dalam aktivitas tunda dan pandu kapal. Pada 2021, perseroan resmi menggarap pandu dan tunda untuk Jawa Satu Power, Pelabuhan Patimban, serta Kanci I dan Kanci II.

Dari sisi armada, perseroan kini memiliki 89 unit kapal dengan empat unit kapal terbaru yang baru saja dibangun. Pembangunan kapal baru akan dilakukan ketika sudah ada pasar potensial baru yang sudah sepakat dan membutuhkan pelayanan.

"Setidaknya ada beberapa dalam pipeline kami jumlahnya 506 potensial market lagi, buat IPCM dapat 5-6 market baru akan berpengaruh buat investor juga menarik. Kalau sudah pasti seperti Jawa Satu Power dan Kanci nanti diumumkan,” ujar Amri.

Emiten bersandi IPCM ini memiliki dua pangsa pasar besar yakni pangsa pasar jasa pandu dan tunda pelabuhan yang didapatkan dari induk usaha yakni IPC serta pangsa pasar dari di luar induk usaha.

Berdasarkan tipologi tersebut, perseroan terus berupaya menggenjot pendapatan dari pangsa pasar di luar induk usaha. Pasalnya, pangsa pasar induk usaha terbatas pada pertumbuhan dari pelayanan induk usaha.

Perseroan terangnya terus berupaya meningkatkan kinerjanya agar dapat menjadi pemimpin pasar untuk jenis jasa yang dilayani. IPCM ingin terus meningkatkan pendapatan dari non induk usaha agar dapat mewujudkan cita-cita tersebut.

Direktur SDM dan Keuangan Rizky Pribadi Hasan mengungkapkan hingga 2020 total pendapatan pasar garapan di luar induk usaha telah bertumbuh hingga 20 persen. Pertumbuhan tersebut telah berdampak terhadap total kontribusi pendapatan perseroan menjadi 13 persen dari keseluruhan pendapatan IPCM.

"Kontribusi dari market di luar IPC ke total pendapatan lebih dari 13 persen pada 2020 meningkat dari 2019 yang hanya 9 persen. Pada 2021, harapannya estimasi kami bisa diharapkan kontribusi market non IPC terhadap keseluruhan pendapatan bisa mencapai 18-20 persen," katanya.

Berdasarkan laporan keuangan kuartal III/2020 yang dipublikasikan Selasa (27/10/2020), Jasa Armada Indonesia membukukan pendapatan Rp510,15 miliar per 30 September 2020. Pencapaian itu naik 3,76 persen secara year on year (yoy) dari Rp491,68 miliar periode yang sama tahun lalu.

Pendapatan perseroan dari bisnis jasa pelayanan penundaan kapal naik 2,35 persen secara tahunan menjadi Rp448,48 miliar pada kuartal III/2020. Adapun, pendapatan dari jasa pelayanan pemanduan naik 76,02 persen yoy menjadi Rp17,76 miliar per 30 September 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper