Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pamor Bitcoin Naik, Pengamat: Harganya Bisa Tembus Rp426 Juta Tahun Depan

Bitcoin telah membagi opini karena harganya naik lebih dari tiga kali lipat pada tahun 2020 di tengah pandemi yang memburuk. Cryptocurrency ini mencapai level tertinggi sepanjang masa di US$28.365 pada hari Minggu (27/12/2020).
Ilustrasi Bitcoin. Aset cryptocurrency terbesar ini menembus level US$23.000 untuk pertama kalinya pada Kamis (17/12/2020)./Bloomberg
Ilustrasi Bitcoin. Aset cryptocurrency terbesar ini menembus level US$23.000 untuk pertama kalinya pada Kamis (17/12/2020)./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Bitcoin mencatat kenaikan beruntun bulanan terlama dalam lebih dari setahun setelah menyentuh rekor harga di atas US$28.000 atau sekitar Rp397,60 juta selama akhir pekan lalu.

Cryptocurrency ini mencapai level tertinggi sepanjang masa di US$28.365 pada hari Minggu sebelum kembali turun sedikit, menurut data Bloomberg.

Tingkat imbal hasil yang terlalu besar selama Oktober, November dan Desember sejauh ini merupakan rentang terpanjang sejak pertengahan 2019.

“Menurut saya, kami hampir mencapai puncak - kami bisa mencapai US$ 30.000 [Rp426 juta],” kata Vijay Ayyar, Kepala Pengembangan Bisnis Luno di Singapura.

“Kami pasti akan melihat kemunduran, tapi besarnya mungkin lebih kecil. Kami mungkin hanya melihat penurunan 10 persen hingga 15 persen.”

Bitcoin telah membagi opini karena harganya naik lebih dari tiga kali lipat pada tahun 2020 di tengah pandemi yang memburuk.

Orang-orang percaya melihat Bitcoin sebagai lindung nilai terhadap kelemahan dolar dan risiko inflasi yang lebih cepat di tengah suntikan stimulus besar-besaran, dan mengutip minat yang meningkat dari pembeli institusional.

Namun, beberapa investor lain mempertanyakan validitas Bitcoin sebagai investasi dan menunjuk pada sejarah mata uang digital dari reli liar yang diikuti oleh masa kejatuhannya yang tiba-tiba.

Pengawasan regulasi dari industri cryptocurrency yang masih baru lahir terus menjadi variabel untuk dipertimbangkan investor.

Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) AS minggu lalu menuduh Ripple Labs Inc. dan eksekutif puncaknya menyesatkan investor dalam token XRP yang berafiliasi.

Sementara Ripple berencana untuk menantang tuduhan tersebut di pengadilan, perkembangan kasusnya menggarisbawahi prospek pengawasan yang lebih ketat terhadap aset digital.

Ayyar mengatakan investor beralih ke Bitcoin dan koin digital lainnya setelah pengembangan XRP.

Bitcoin naik sebanyak 3,6 persen pada hari Senin (28/12/2020) dan diperdagangkan pada sekitar US$27.150 pada pukul 1 siang di Tokyo.
Cryptocurrency ini telah naik sekitar 280 persen tahun ini, sedangkan Bloomberg Galaxy Crypto Index yang lebih luas naik 261 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hadijah Alaydrus
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper