Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sukses Terbitkan Global Bond, Mandiri Sekuritas Raih Dua Penghargaan Asiamoney

Asiamoney mengapresiasi kemampuan Mandiri Sekuritas dalam mempertahankan kepemimpinannya pada bisnis penjaminan emisi obligasi domestik maupun internasional (global bond), selain dianggap berperan penting dalam memberikan layanan konsultasi keuangan, terlebih dalam membantu korporasi melewati periode menantang di masa pandemi ini.
Dhiany Nadya Utami
Dhiany Nadya Utami - Bisnis.com 09 Oktober 2020  |  08:34 WIB
(ki-ka) Direktur Operations Mandiri Sekuritas Heru Handayanto, Direktur Retail Mandiri Sekuritas Theodora VN Manik, dan Direktur Utama Mandiri Sekuritas Dannif Danusaputro berbincang usai menyampaikan kinerja semester I di Jakarta (23/7) - Bisnis/Dhiany Nadya Utami
(ki-ka) Direktur Operations Mandiri Sekuritas Heru Handayanto, Direktur Retail Mandiri Sekuritas Theodora VN Manik, dan Direktur Utama Mandiri Sekuritas Dannif Danusaputro berbincang usai menyampaikan kinerja semester I di Jakarta (23/7) - Bisnis/Dhiany Nadya Utami

Bisnis.com, JAKARTA — PT Mandiri Sekuritas menyabet dua penghargaan penghargaan “Best Corporate and Investment Bank” dan “Best Securities House” oleh Asiamoney.

Dalam keterangannya, Asiamoney mengapresiasi kemampuan Mandiri Sekuritas dalam mempertahankan kepemimpinannya pada bisnis penjaminan emisi obligasi domestik maupun internasional (global bond) dengan nilai penerbitan masing-masing Rp19 triliun dan USD2,3 miliar pada tahun 2019.

Selain itu, Mandiri Sekuritas juga dianggap berperan penting dalam memberikan layanan konsultasi keuangan, terlebih dalam membantu korporasi melewati periode menantang di masa pandemi ini.

Direktur Utama Mandiri Sekuritas Dannif Danusaputro mengatakan penghargaan dari Asiamoney merupakan bukti komitmen dan dedikasi sekuritas dalam memberikan solusi pasar modal yang komprehensif dan inovatif di Indonesia.

“Pencapaian ini menginspirasi kami untuk terus meningkatkan standar dan mendorong pertumbuhan bisnis di sektor publik dan swasta serta mendukung akselerasi pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumay (9/10/2020)

Dia menambahkan, dari perspektif pasar modal internasional, Mandiri Securities Pte. Ltd. (Mandiri Securities Singapore) menjalankan peranan yang sangat penting dalam memperluas cakupan produk perseroan

“Meskipun baru diresmikan pada awal tahun 2017, Mandiri Securities Singapore sukses meraih pangsa pasar dan secara konsisten mendapatkan peringkat tinggi dalam bisnis penerbitan global bond,” tambahnya.

Berdasarkan data Bloomberg, pada 2019, Mandiri Sekuritas menempati peringkat pertama dalam penerbitan global bond dari Indonesia dengan pangsa pasar 16 persen melalui pelaksanaan 6 mandat penerbitan global bond.

“Mandiri Sekuritas tetap menjadi satu-satunya investment bank Indonesia yang menawarkan solusi pembiayaan obligasi menyeluruh di pasar dalam dan luar negeri,” ujar Dannif.

Dia mengatakan Mandiri Sekuritas juga mendapatkan kepercayaan untuk terlibat dalam sejumlah proyek strategis pemerintah, antara lain, alternative financing, structured finance, corporate restructuring, holding formation, serta merger and acquisitions.

Sepanjang semester I 2020, Mandiri Sekuritas sukses melaksanakan sebanyak 36 mandat yang terdiri dari, 14 penerbitan emisi obligasi dan sukuk korporasi, 2 pencatatan saham perdana (initial public offering/IPO) dan placement, 15 penerbitan surat utang jangka menengah (medium term notes/MTN), dan 5 jasa penasihat keuangan (advisory).

Dalam kategori “Best Securities House”, Asiamoney juga menyoroti performa Mandiri Sekuritas yang sukses memimpin bisnis perantara perdagangan efek pada paruh pertama tahun 2020, baik berdasarkan nilai maupun volume, di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Kepemimpinan tersebut melanjutkan konsistensi Perusahaan yang mencatatkan nilai perdangangan saham terbesar selama tiga tahun berturut-turut sejak tahun 2017.

Selama kurun waktu tersebut (2017-2019), Mandiri Sekuritas sukses menjadi tuan rumah di negeri sendiri dengan menjadi satu-satunya broker lokal yang mencatatkan nilai transaksi saham terbesar di bursa.

Adapun per semester I 2020, Mandiri Sekuritas mencatatkan total nilai transaksi saham Rp156,7 triliun dan menguasai pangsa 8,4 persen. Saat ini Mandiri Sekuritas telah dipercaya oleh lebih dari 500 klien institusi dan 160.000 nasabah retail.

Dannif menyebut kondisi pasar yang cenderung volatil yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 saat ini mendorong pihaknya untuk lebih mengintensifkan layanan dan interaksi dengan para klien. Perusahaan juga menyajikan informasi riset yang komprehensif dan berkualitas tinggi untuk membantu para klien dalam pengambilan keputusan.

“Kami berkomitmen tinggi dalam memberikan solusi keuangan pasar modal bagi para klien sesuai kebutuhan pertumbuhan bisnis mereka, serta memberikan pendampingan sebagai penasihat keuangan bagi korporasi, baik perusahaan BUMN maupun swasta,” tutupnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penghargaan mandiri sekuritas
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top