Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perkuat Modal, Media Nusantara Citra (MNCN) Absen Bagi Dividen

Kendati memutuskan tidak membagikan dividen atas kinerja 2019, PT Media Nusantara Citra Tbk. (MNCN) tidak menutup kemungkinan untuk memebagikan dividen interim dalam waktu yang belum dapat ditentukan.
Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo. Bisnis/Himawan L Nugraha
Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) memutuskan untuk tidak melakukan pembagian dividen tunai atas kinerja laba bersih tahun 2019

Keputusan tersebut ditetapkan dalam rapat umum pemegang saham tahunan PT Media Nusantara Citra untuk periode 2019 pada Rabu (26/8/2020). Ada sejumlah agenda yang dibahas manajemen, di antaranya penetapan penggunaan laba bersih 2019 dan penjabaran rencana kerja perseroan di 2020.

Group Chairman of MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengatakan, perseroan memutuskan untuk belum membagikan dividen karena memilih untuk memperkuat struktur permodalan.

Perusahaan memilih untuk menganggarkan Rp1 miliar sebagai dana cadangan sesuai dengan anggaran dasar perusahaan. Selain itu, sisa laba perseroan akan dipergunakan untuk menurunkan pinjaman sebanyak-banyaknya senilai Rp1 triliun.

"Sisanya akan dibukukan sebagai laba ditahan untuk memperkuat struktur permodalan perusahaan," katanya dalam paparan publik perusahaan.

Meski tidak membagikan dividen, Hary mengatakan perusahaan tidak menutup kemungkinan untuk melakukan pembagian dividen interim dalam waktu yang belum dapat ditentukan.

Salah satu pertimbangan pembagian dividen interim adalah meredanya pandemi covid-19 dan kembali berjalannya kegiatan ekonomi.

"Di masa pandemi seperti sekarang, kami harus konservatif untuk memperkuat modal. Nantinya pembagian dividen dapat dilakukan sewaktu-waktu tanpa perlu mengadakan RUPS," lanjutnya.

Adapun pada tahun lalu, MNCN membagikan dividen sebesar Rp214 miliar atau setara Rp15 per lembar saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2019.

Nilai tersebut merupakan 14 persen dari laba bersih yang berhasil dikantongi MNCN pada tahun 2018 sebesar Rp1,6 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper