Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Depak BCA, Cermati Saham Pilihan Mirae Periode Agustus

Mirae Asset Sekuritas menjelaskan ada tiga faktor yang mendopang pergerakan IHSG pada bulan Juli 2020.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 11 Agustus 2020  |  07:33 WIB
Pengunjung melintas di dekat papan layar elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (22/6/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Pengunjung melintas di dekat papan layar elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (22/6/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia memproyeksikan tren kenaikan indeks harga saham gabungan akan terjadi hingga akhir 2020.

Kepala Riset Mirae Asset Sekuritas Hariyanto Wijaya menjelaskan bahwa periode Juli 2020 sejauh ini menjadi bulan terbaik untuk pasar ekuitas Indonesia. Pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) naik 5 persen secara bulanan dengan hampir semua sektor ditutup dalam warna hitam. 

Hariyanto menjelaskan bahwa catatan kinerja itu sejalan dengan beberapa faktor. Pertama, Juli menandai dimulainya kuartal III/2020 ketik ada harapan pemulihan ekonomi domestik setelah titik terendah kuartal II/2020. 

Kedua, pengembangan vaksin Covid-19 global telah menunjukkan perkembangan yang baik. Untuk dalam negeri, vaksin diharapkan tersedia pada akhir 2020.

Dia mengatakan IHSG secara historis menjadi indikator utama yang baik untuk titik balik ekonomi. Pelaku pasar berharap melihat pemulihan ekonomi seiring adanya harapan vaksin Covid-19 yang segera tersedia.

“Kami perkirakan IHSG akan terus meningkat hingga akhir tahun ini,” jelasnya melalui riset yang dikutip, Selasa (11/8/2020).

Sebagai top picks bulanan periode Agustus 2020, Mirae meningkatkan eksposur ke emiten terkait komoditas seperti UNTR untuk emas dan AALI untuk CPO. Keputusan itu untuk memonetisasi kenaikan harga emas dan CPO.

“Kami menambahkan UNTR dan AALI masuk ke dalam daftar pilihan teratas kami untuk menggantikan BBCA dan EXCL,” jelas Hariyanto.

Adapun, secara keseluruhan top picks edisi bulanan Agustus dari Mirae condong ke barang-barang konsumen, farmasi, rumah sakit, dan komoditas. Emiten dalam daftar tersebut yakni UNVR, GGRM, ICBP, INDF, KLBF, MIKA, UNTR, dan AALI.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG Indeks BEI rekomendasi saham
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top