Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jasa Marga (JSMR) Bidik Penyelesaian 5 Ruas Tol Baru, Ini Daftarnya

Sebanyak 3 dari 5 ruas tol yang ditargetkan rampung berlokasi di Pulau Jawa sedangkan sisanya di Kalimantan dan Sulawesi.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 30 Juli 2020  |  15:06 WIB
Sejumlah mobil memasuki gerbang tol Pondok Ranji di Tangerang Selatan, Banten, Minggu (15/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Sejumlah mobil memasuki gerbang tol Pondok Ranji di Tangerang Selatan, Banten, Minggu (15/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk menargetkan pengerjaan lima ruas jalan tol akan rampung di paruh kedua tahun 2020. Ruas jalan tol yang diharapkan rampung berlokasi di Jawa, Kalimantan dan Sulawesi

Corporate Secretary Jasa Marga M. Agus Setiawan mengatakan, perseroan akan mempercepat pembangunan sejumlah ruas jalan tol baik yang berada di Pulau Jawa maupun luar Jawa. Perseroan optimistis dapat menyelesaikan lima ruas jalan tol hingga akhir tahun 2020.

Di Pulau Jawa, ada tiga jalan tol yang ditargetkan selesai pada tahun ini dan seluruhnya berada di wilayah Jabotabek. Ketiganya adalah Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi 3A Simpang Yasmin-Semplak, Jalan Tol Kunciran-Cengkareng, serta Jalan Tol Cinere-Serpong yang termasuk dalam jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II.

Adapun, dua ruas jalan tol lain yang ditargetkan rampung adalah Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1 Balikpapan (Km 13) - Samboja dan Seksi 5 Sepinggan - Balikpapan (Km 13) serta Jalan Tol Manado-Bitung Seksi 2A  hingga SS Danowudu.

“Pada awal tahun ini, kami juga telah merampungkan pembangunan Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 5 (Pakis-Malang) sepanjang 3.113 kilometer,” jelas Agus dikutip dari keterangan resmi, Kamis (30/7/2020).

Sementara itu, di bidang pengoperasian jalan tol, Jasa Marga berkomitmen untuk terus mengembangkan implementasi teknologi pembayaran Nir Henti. Melalui anak usaha PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO), JSMR terus melakukan perluasan uji coba terbatas pembayaran tol Single Lane Free Flow (SLFF) with barrier dengan teknologi Radio Frequency Identification (RFID) berbasis server yang dikenal dengan nama FLO di Jalan Tol wilayah Jabotabek dan Bali.

Selain itu,PT JMTO juga mengikuti tender proyek sistem transaksi Multi Lane Free Flow (MLFF) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Implementasi MLFF di jalan tol terus didorong oleh Pemerintah, dengan tujuan mengefisienkan waktu perjalanan, meningkatkan fleksibilitas, keamanan dan kenyamanan pengguna jalan

Agus melanjutkan, Jasa Marga juga konsisten melakukan pengelolaan jalan tol yang ramah lingkungan, salah satunya dengan melakukan sertifikasi Green Toll Road. Setelah meraih sertifikasi Green Toll Road pertama di Indonesia untuk dua jalan tol yang dikelolanya, yaitu Jalan Tol Gempol-Pandaan dengan level Silver Plus dan Jalan Tol Pandaan - Malang dengan level Gold, Jasa Marga telah sukses menggelar kick off secara virtual yang diikuti oleh 20 anak perusahaan jalan tol.

Kick off ini bertujuan untuk memastikan seluruh jalan tol milik Jasa Marga dapat menerapkan standarisasi sertifikasi Green Toll Road agar menjaga keseimbangan lingkungan,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jasa marga Kinerja Emiten
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top