Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kinerja Reksa Dana : Pekan Lalu, Reksa Dana Pendapatan Tetap Paling Cuan

Pada periode 8—15 Mei 2020, indeks reksa dana pendapatan tetap naik 1 persen mengikuti performa obligasi pemerintah yang terkerek 0,91 persen.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 18 Mei 2020  |  14:33 WIB
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis - Himawan L Nugraha
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, PEKANBARU - Kinerja indeks reksa dana pendapatan tetap secara mingguan melesat ke posisi teratas pada pekan lalu. Hal itu ditopang pula oleh penguatan indeks acuannya yang juga berada di zona hijau.

Berdasarkan data Infovesta Utama pada periode 8—15 Mei 2020, indeks reksa dana pendapatan tetap yang tercermin dalam Infovesta Fixed Income Fund Index tercatat sebesar 1,00 persen mengikuti performa obligasi pemerintah yang naik 0,91 persen sedangkan obligasi korporasi naik 0,07 persen.

Menyusul di posisi kedua, kinerja indeks reksa dana pasar uang yang tercermin dalam Infovesta Money Market Fund Index tercatat sebesar 0,10 persen.

Di area negatif, kinerja indeks reksa dana saham yang tercermin dalam Infovesta Equity Fund Index mencatatkan kinerja terburuk sebesar -1,58 persen. 

Hal itu seiring dengan melemahnya IHSG yang menjadi acuannya sebesar-1,95 persen selama sepekan lalu.

Selanjutnya, kinerja indeks reksa dana campuran yang tercermin dalam Infovesta Balanced Fund Index tercatat sebesar -0,75 persen.

Secara year-to-date per 15 Mei 2020, indeks reksa dana pasar uang masih menjadi jawara dengan kinerja stabil 1,74 persen mengikuti kinerja benchmark LPS yang tumbuh 1,79 persen.

Di sisi lain, indeks reksa dana saham turun paling dalam dengan kinerja sebesar -30,46 persen atau lebih buruk daripada IHSG yang merosot -28,45 persen. 

Selanjutnya kinerja indeks reksa dana campuran tercatat -17,31 persen dan kineja indeks reksa pendapatan tetap sebesar -0,83 persen.

Adapun, Infovesta Utama menyarankan produk reksa dana saham hanya untuk investor dengan bingkai waktu investasi jangka panjang. Dengan kondisi saat ini, investor sudah bisa masuk secara bertahap sembari melihat perkembangan pasar dan sentimen positif yang mungkin timbul.

“Investor dapat melirik jenis reksa dana lain seperti reksa dana pendapatan tetap di tengah tren penurunan tingkat suku bunga dan spread yield antara obligasi Indonesia dengan Treasury AS bertenor 10 tahun yang masih besar,” tulis Infovesta Utama dalam laporan mingguannya, Senin (18/5/2020).

Berikut produk reksa dana dengan return tertinggi secara bulanan (month on month) per 15 Mei 2020

Lorem Ipsum Sit Dolor Amet
Reksa Dana Saham
Return (%)
Gemilang Dana Saham Indonesia
9,19
Batavia Dana Saham Syariah
3,81
Trim Syariah Saham
3,34
 
 
Reksa Dana Campuran
 
Schroder Syariah Balanced Fund
2,68
Bahana Dana Infrastruktur
2,60
Trim Syariah Berimbang
2,10
 
 
Reksa Dana Pendapatan Tetap
 
Manulife Obligasi Unggulan Kelas A
5,17
Mega Dana Pendapatan Tetap
3,05
I AM Bond Fund
2,12
 
 
Reksa Dana Pasar Uang
 
PNM Dana Tunai
1,08
Cipta Dana Cash
0,61
Valbury Money Market I
0,55

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

reksa dana
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top