Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wall Street Menanjak, Ini Pendorong Optimisme Pasar

Optimisme soal kesepakatan Brexit dan kuatnya laporan kinerja keuangan perusahaan turut mendongkrak tiga indeks saham utama di bursa Wall Street Amerika Serikat (AS) naik tajam pada akhir perdagangan Selasa (15/10/2019).
New York Stock Exchange (NYSE) di Manhattan, New York City/REUTERS
New York Stock Exchange (NYSE) di Manhattan, New York City/REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA – Optimisme soal kesepakatan Brexit dan kuatnya laporan kinerja keuangan perusahaan turut mendongkrak tiga indeks saham utama di bursa Wall Street Amerika Serikat (AS) naik tajam pada akhir perdagangan Selasa (15/10/2019).

Berdasarkan data Reuters, indeks S&P 500 berakhir menanjak 1 persen di level 2.995,68, indeks Nasdaq Composite naik tajam 1,24 persen ke level 8.148,71, dan indeks Dow Jones Industrial Average ditutup menguat 0,89 persen di posisi 27.024,8.

Kabar bahwa para negosiator Uni Eropa dan Inggris hampir mencapai kesepakatan mengenai perpisahan Inggris dari Uni Eropa (Brexit) memicu penguatan di seluruh pasar ekuitas Eropa dan membantu mengangkat kenaikan Wall Street lebih lanjut pascarilis laporan kinerja keuangan yang kuat.

Nilai tukar pound sterling naik ke level tertingginya terhadap dolar AS dan euro sejak Mei setelah Bloomberg mengabarkan bahwa negosiator Inggris dan Uni Eropa mendekati kesepakatan soal draf Brexit.

Lonjakan saham tersebut serta merta meredakan kekhawatiran tentang dampak perang perdagangan AS-China yang berkepanjangan terhadap pertumbuhan global.

“Jika kita dapat menyelesaikan masalah perdagangan China dan memiliki resolusi yang cukup baik untuk masalah Brexit dengan Inggris, itu menambah rasa optimisme terhadap pasar bersama laporan kinerja keuangan hari ini,” ujar Rick Meckler, seorang mitra di Cherry Lane Investments.

Menurut David Joy, kepala strategi pasar di Ameriprise Financial, pasar mungkin mendapat kabar baik dari dua penggerak utama yakni perang dagang AS-China dan Brexit.

"Hal-hal dengan Brexit tampaknya bergerak cukup cepat," tutur Joy, dikutip dari Reuters.

Sementara itu, hasil yang optimistis dari JPMorgan Chase & Co, UnitedHealth Group Inc., dan Johnson & Johnson meredakan kekhawatiran tentang dampak dari perang dagang AS-China yang berkepanjangan terhadap perusahaan-perusahaan AS.

Saham JPMorgan mencapai rekor tertinggi dan naik 3,01 persen, sementara saham UnitedHeath melonjak 8,16 persen dan J&J naik 1,62 persen.

Pergerakan Bursa Wall Street 15 Oktober

Indeks

Level

Perubahan (persen)

Dow Jones

27.024,8

+0,89

S&P 500

2.995,68

+1

Nasdaq

8.148,71

+1,24

Sumber: Reuters

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper