Data Ekonomi China Dorong Bursa Jerman, Indeks Stoxx Ditutup Menguat

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,4 persen, didorong oleh sektor-sektor yang sensitif terhadap perdagangan termasuk produsen mobil, bahan kimia dan perusahaan sumber daya dasar.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 16 Juli 2019  |  06:01 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa menguat pada perdagangan Senin (15/7/2019) setelah bursa Jerman yang sensitif terhadap perdagangan naik menyusul data ekonomi China yang mengejutkan.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,4 persen, didorong oleh sektor-sektor yang sensitif terhadap perdagangan termasuk produsen mobil, bahan kimia dan perusahaan sumber daya dasar.

Indeks DAX sempat terseret ke zona merah pada awal perdagangan setelah kementerian ekonomi Jerman memperkirakan pelemahan pertumbuhan pada kuartal kedua menyusul pelemahan di sektor manufaktur dan jasa.

Namun, indeks berakhir menguat 0,52 persen karena investor mengandalkan Bank Sentral Eropa untuk memberi sinyal pelonggaran kebijakan moneter lebih lanjut pada pertemuan minggu depan mengingat pertumbuhan melambat.

"Pasar rebound karena investor menyadari ada keyakinan yang berkembang bahwa ECB sedang bersiap-siap untuk kembali melongarkan kebijakan moneter," ungkap Stephen Innes, managing partner di Vanguard Markets Pte, seperti dikutip Reuters.

Sementara itu, data dari China yang menunjukkan output pabrik dan penjualan ritel melampaui perkiraan pada bulan Juni, meskipun pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) melambat menjadi 6,2 persen pada kuartal kedua, laju terlemah dalam setidaknya 27 tahun terakhir, sejalan dengan ekspektasi analis.

"Data Juni adalah sebuah peningkatan segera, pasar tampaknya tumbuh sedikit lebih percaya diri bahwa stimulus dari pemerintah China selama enam hingga sembilan bulan terakhir benar-benar bekerja," kata Florian Hense, ekonom Eropa di Berenberg.

Produsen chip regional menguat setelah seorang pejabat senior AS mengatakan Washington dapat membuka ijin bagi perusahaan untuk memulai kembali kerjasama denga nprodusen peralatan telekomunikasi China Huawei dalam waktu dua pekan ke depan.

Saham Infineon, ASM dan STMicroelectronics masing-masing menguat antara 0,6 persen dan 3,7 persen.

Saham perusahaan bioteknologi Belgia-Belanda Galapagos NV, melonjak 19 persen ke rekor tertinggi setelah produsen obat AS ilead Sciences Inc mengatakan akan berinvestasi senilai US$5,1 miliar di perusahaan.

Sementara itu, saham perbankan berakhir datar, karena sentimen dari kinerja Citigroup Inc di AS yang lebih baik dari perkiraan mengimbagi pelemahan dari saham perbankan Italia.

Investor akan beralih ke laporan kinerja emiten di Eropa, dengan perusahaan teknologi SAP, produsen semikonduktor ASML dan produsen obat Novartis di antara emiten yang akan merolis laporan keuangan kuartal kedua pekan ini.

Perusahaan yang terdaftar di indeks Stoxx diperkirakan mencatat pertumbuhan pendapatan 0,8 persen pada kuartal kedua, turun tajam dari perkiraan 1,8 sepekan lalu, menurut data dari I/B/E/S Refinitiv.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bursa eropa

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top