Yen Menguat ke Level Tertinggi 4,5 Bulan

Mata uang yen mengalami penguatan ke level tertinggi dalam 4,5 bulan terakhir seiring dengan sentimen ketegangan perdagangan AS dan Meksiko
Yen Menguat ke Level Tertinggi 4,5 Bulan Hafiyyan | 03 Juni 2019 16:05 WIB
Yen Menguat ke Level Tertinggi 4,5 Bulan
Mata uang Yen Jepang - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA—Nilai mata uang yen terhadap USD mengalami penguatan ke level tertinggi dalam 4,5 bulan terakhir seiring dengan sentimen ketegangan perdagangan AS dan China.

Pada perdagangan Senin (3/6/2019) pukul 15:50 WIB, pasangan JPY-USD naik 0,07% atau 0,08 poin menjadi 108,21 per dolar AS. Ini merupakan level tertinggi 4,5 bulan dari sebelumnya 108,17 per dolar AS.

Tim analis Monex Investindo Futures menuliskan, yen bahkan sempat meraih level tertinggi lebih dari empat bulan terhadap dolar pada hari Senin dipicu sikap keras Presiden AS Donald Trump pada perdagangan global.

Sikap Trump meluas ke negara-negara di luar China, dengan ancaman terbaru ke barang asal Meksiko. Sentimen ini memicu permintaan investor untuk aset safe haven seperti yen.

Ketegangan perdagangan global bertambah setelah Presiden Donald Trump secara tak terduga mengancam akan menerapkan tarif sebesar 5% pada barang asal Meksiko, dimana tarif akan mulai berlaku 10 Juni 2019.

Trump menyebutkan tarif ini berlaku hingga arus imigran gelap dari Meksiko berhenti. Padahal Meksiko dan AS telah membaharui perjanjian dagang dalam wadah NAFTA.

Para pejabat AS dan Meksiko kini sedang mempersiapkan pembicaraan perdagangan setelah pernyataan Trump.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
yen

Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top