Bursa Eropa Menguat di Tengah Ekspektasi Penundaan Tarif Impor Otomotif

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,46 persen atau 1,72 poin ke level 378,06, didorong oleh penguatan saham produsen mobil, dengan BMW ditutup menguat hingga 3,1 persen.
Aprianto Cahyo Nugroho | 16 Mei 2019 05:51 WIB
Bursa Eropa - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa melonjak pada akhir perdagangan Rabu (1/5/2019) setelah pejabat Amerika Serikat (AS) mengatakan Presiden Donald Trump diperkirakan menunda tarif impor otomotif hingga enam bulan ke depan.

Pejabat tersebut mengatakan pengumuman resmi diperkirakan dibuat pada hari Sabtu (18/5/2019). Berita tersebut mendorong investor untuk meningkatkan posisi di perusahaan yang sensitif terhadap tarif dan membantu pemulihan bursa saham Eropa.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,46 persen atau 1,72 poin ke level 378,06, didorong oleh penguatan saham produsen mobil, dengan BMW ditutup menguat hingga 3,1 persen.

John Woolfitt dari Atlantic Markets mengatakan tampaknya pasar merasa lega bahwa Trump benar-benar dapat bertindak dengan tidak secara total meningkatkan tensi perang perdagangan.

"Sementara dia terjerat dalam perselisihan yang sedang berlangsung dengan China, itu memberi kesan dia enggan melakukan tindakan yang sama dengan Uni Eropa," ungkap John, seperti dikutip Reuters.

Indeks DAX Frankfurt dan FTSE 100 London masing-masing menguat 0,9% dan 0,8%, sementara bursa saham di Milan turun 0,1% karena pelemahan saham perbankan Italia.

Saham perbankan Italia telah tertekan pekan ini, karena imbal hasil obligasi pemerintah terus meningkat sehari setelah Wakil Perdana Menteri Matteo Salvini mengatakan Roma siap untuk melanggar aturan fiskal Uni Eropa.

"Tekanan pada Italia sedang meningkat ... lingkaran malapetaka, yang menghubungkan bank-bank dengan pemerintah, tetap kuat," kata Marc C. Chandler, kepala analis pasar di Bannockburn Global Forex.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bursa eropa

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup