Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Raja Rokok HM Sampoerna Optimistis 2019 Adalah Tahun Positif

Emiten rokok PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP) menganggap tahun 2019 merupakan periode yang positif seiring dengan dorongan sejumlah faktor yang meningkatkan konsumsi masyarakat.
Pekerja PT HM Sampoerna Tbk melakukan aktivitas di pabrik sigaret kretek tangan (SKT) Sampoerna di Surabaya, Kamis (19/5/2016)./Antara
Pekerja PT HM Sampoerna Tbk melakukan aktivitas di pabrik sigaret kretek tangan (SKT) Sampoerna di Surabaya, Kamis (19/5/2016)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten rokok PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP) menganggap 2019 merupakan tahun yang positif seiring dengan dorongan sejumlah faktor yang meningkatkan konsumsi masyarakat.

Dalam laporan tahunan 2018, Presiden Direktur HMSP  Mindaugas Trumpaitis menyampaikan bahwa secara fundamental, seluruh indikator ekonomi makro pada 2019 diharapkan terus berada dalam momentum positif dengan pertumbuhan PDB pada level 5% dan inflasi yang rendah.

Hal ini diikuti dengan fokus pemerintah pada sumber daya manusia khususnya program bantuan sosial dan dana desa. “Kebijakan itu dapat memulihkan konsumsi khususnya bagi konsumen berpendapatan rendah dan menengah,” paparnya, dikutip Kamis (18/4/2019).

Kondisi Indonesia secara umum dengan adanya pemilihan presiden pada April 2019 dinilai positif. Secara historis, pemilu memberikan peningkatan perekonomian meskipun selalu ada potensi gangguan yang muncul dari kampanye politik dan proses pemilihan.

Selain itu, pemerintah juga telah mengumumkan tidak akan ada kenaikan cukai tembakau pada tahun ini. Berbagai sentimen ini dianggap sebagai hal positif untuk 2019.

Meskipun prospek ke depan positif, HMSP melihat pasar rokok akan terus dinamis dan kompetitif, sehingga memicu perseroan terus mengimbangi perubahan tren perokok dewasa. Oleh karena itu, strategi perseroan akan berfokus pada daya saing, agility, kecepatan masuk pasar, dan mempertahankan profitabilitas.

Total volume penjualan Sampoerna tahun 2018 mencapai 101,4 miliar batang, atau meningkat 0,1% dibandingkan dengan penjualan 2017. Perseroan tetap mempertahankan posisi terdepan di pasar rokok Indonesia dengan pangsa pasar 33%.

KEMBANGKAN PORTOFOLIO

Menanggapi dinamika pasar, dalam dua tahun terakhir ini HMSP telah mengembangkan Wellpositioned Product Portfolio melalui penilaian portofolio di setiap kategori produk dan berbagai tingkat harga. Termasuk juga mengidentifikasi peluang menutup kesenjangan pada portofolio produk dengan harga yang tepat.

Strategi tersebut bertujuan memuaskan kebutuhan perokok dewasa di semua segmen. HSMP telah berhasil meluncurkan produk secara sukses, di antaranya Marlboro Filter Black dan Dji Sam Soe Magnum Mild.

“Perokok dewasa selalu berada di pusat strategi portofolio kami dan penting bagi kami bisa menyajikan produk-produk berkualitas tinggi dalam bentuk yang disukai dan harga yang tepat sesuai dengan dinamika perokok dewasa,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper