Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilarmas Sekuritas : IHSG Berpotensi Melemah, Ini Sentimennya

Pilarmas Investindo Sekuritas memperkirakan bahwa sentimen IHSG hari ini, Selasa (5/3/2019) diawali dengan dimulainya National People’s Congress. 
Pengunjung mengambil foto monitor perdagangan harga saham di Jakarta, Jumat (1/2/2019)./Bisnis-Dedi Gunawan
Pengunjung mengambil foto monitor perdagangan harga saham di Jakarta, Jumat (1/2/2019)./Bisnis-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA — Pilarmas Investindo Sekuritas memperkirakan bahwa sentimen IHSG hari ini, Selasa (5/3/2019) diawali dengan dimulainya National People’s Congress. 

Maximilianus Nico Demus, Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas, mengatakan bahwa Perdana Menteri Li Keqiang akan menyampaikan laporan tahunannya tentang kebijakan ekonomi pada hari ini dan sebuah dokumen dengan detail yang terperinci yang menjelaskan menetapkan target untuk ekspansi produk domestik bruto serta tujuan untuk kebijakan fiskal dan moneter. 

China berencana untuk memotong tarif pajak pertambahan nilai yang mencakup sektor manufaktur sebesar 3% untuk mendorong ekonomi yang melambat. 

Dengan adanya potongan tersebut, dapat memberikan tambahan sebesar 600 miliar Yuan atau US$90 miliar atau 0,6% dari GDP. 

Tentu hal ini akan membantu untuk meningkatkan keuntungan perusahaan ketika ekonomi menghadapi tekanan seperti sekarang ini. Tentu hal ini juga bertujuan untuk menjaga defisit anggaran China agar tetap terjaga di bawah 3% dari GDP. 

Melanjutkan pertemuan antara China dan Amerika, kesepakatan tampaknya semakin dekat, tetapi bukan berarti perang dagang usai. 

Amerika meminta China untuk menghapuskan tarif atas barang Impor yang telah dikenakannya beberapa waktu lalu, sekarang giliran China yang menginginkan Trump menghapuskan tarif yang dikenakan tahun lalu atas US$200 miliar barang-barang China. 

Namun, beberapa penasihat Trump mengatakan bahwa tarif hanya boleh dihapus sepenuhnya setelah China memenuhi semua janjinya, yang mungkin di mana bisa memakan waktu berbulan bulan atau lebih. Tentu di satu sisi apabila  ini terjadi, akan memberatkan posisi China untuk waktu yang lama. 

Namun, dari berita yang didapatkan, Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping akan melakukan kesepakatan perdagangan secara formal pada pertemuan puncak yang direncanakan berlangsung pada 27 Maret 2019. 

Sekedar tambahan dari Brexit, dengan tenggat waktu 12 March 2019 untuk menentukan proses Brexit mendorong Theresa May menjanjikan kenaikkan 1,6 miliar pound atau 2,1 miliar US untuk wilayah yang paling kekurangan di Inggris. 

Negosiasi ini sedang berlangsung di Brussels mengenai perubahan Backstop tersebut.  "Secara teknikal, kami memproyeksikan IHSG bergerak melemah dan diperdagangkan pada rentang harga 6.471-6.520 untuk perdagangan hari ini," katanya dalam riset harian, Selasa (5/3/2019).

Pada perdagangan hari Senin (4/03/2019) IHSG ditutup melemah 11,46 poin atau 0,18% ke level 6.488. Sektor pertambangan, agrikultur, dan perdagangan memberikan kontribusi kenaikan terbesar pada perdagangan kemarin. Investor asing mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp545,4 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper