Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Holding BUMN Infrastruktur dan PPK Rampung, Selanjutnya Holding BUMN Asuransi dan Perbankan?

Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini M. Soemarno menargetkan pembentukan enam holding perseroan pelat merah pada 2019.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 30 Januari 2019  |  20:16 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno di sela-sela kegiatan Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawa, di gerbang jalan tol Warugunung, bagian dari ruas jalan tol Surabaya--Mojokerto, Jawa Timur, Senin (12/11/2018). - JIBI/Wahyu Darmawan
Menteri BUMN Rini Soemarno di sela-sela kegiatan Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawa, di gerbang jalan tol Warugunung, bagian dari ruas jalan tol Surabaya--Mojokerto, Jawa Timur, Senin (12/11/2018). - JIBI/Wahyu Darmawan

Bisnis.com,JAKARTA— Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini M. Soemarno menargetkan pembentukan enam holding perseroan pelat merah pada 2019.

Menteri BUMN Rini M. Soemarno mengatakan holding BUMN infrastruktur dan holding BUMN PPK akan rampung pada Februari 2019. Selanjutnya, terdapat empat holding lain yang ditargetkan rampung tahun ini.

“Februari 2019 diharapkan infrastruktur dan PPK selesai. Selanjutnya asuransi, keuangan, pelabuhan dan industri strategis,” tuturnya di Jakarta, Rabu (30/1/2019).

Rini menjelaskan bahwa pembentukan holding memiliki beberapa tujuan. Salah satunya menciptakan efisiensi sehingga menurunkan beban perseroan.

Dia mencontohkan di sektor pertambangan untuk urusan investasi PT Bukit Asam Tbk. dan PT Aneka Tambang Tbk.. Menurutnya, dua perseroan itu tidak perlu berinvesatasi di bidang atau komoditas yang sama.

Rini menegaskan fungsi terpenting dalam pembentukan holding yakni pengelolaan dari BUMN itu sendiri. Artinya, pihaknya berharap keberadaaan group dapat membuat perseroan pelat merah dikelola dengan profesional dan transparan.

“Korporasi dikelola oleh orang profesional sehingga investor lebih percaya diri,” imbuhnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

holding bumn
Editor : Fahmi Achmad

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top