Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Saratoga Investama (SRTG) Siap Beli 10% Saham MPMX

PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. (SRTG) melakukan penawaran tender sukarela sebanyak-banyaknya 446,3 juta saham atau setara 10% dari seluruh saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh pada PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. (MPMX).
Emanuel B. Caesario
Emanuel B. Caesario - Bisnis.com 23 Januari 2019  |  12:44 WIB
VP Business Development PT Saratoga Investama Sedaya Chris Oey (tengah) bersama Marketing Communication Corporate Rumah Sakit Awal Bros Gumilar RM (kanan) dan Asistant Manager Marketing Rusnadi saat menerima kunjungan tim Bisnis Indonesia di Rumah Sakit Awal Bros, Tangerang, Banten, Jumat (26/10/2018). - JIBI/Abdullah Azzam
VP Business Development PT Saratoga Investama Sedaya Chris Oey (tengah) bersama Marketing Communication Corporate Rumah Sakit Awal Bros Gumilar RM (kanan) dan Asistant Manager Marketing Rusnadi saat menerima kunjungan tim Bisnis Indonesia di Rumah Sakit Awal Bros, Tangerang, Banten, Jumat (26/10/2018). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA—PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. (SRTG) melakukan penawaran tender sukarela sebanyak-banyaknya 446,3 juta saham atau setara 10% dari seluruh saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh pada PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. (MPMX).

Adapun, per akhir 2018, kepemilikan SRTG atas saham MPMX mencapai 48,6%. Pemegang saham terbesar lainnya yakni Morninglight Investments SARL sebanyak 15,33%, Claris Investment Pte. Ltd. 6,8%, dan MPMX sendiri sebanyak 5,6%.

Sisanya dimiliki investor publik sebanyak 20,9%, serta para direksi dan komisaris MPMX hingga 100%.

Berdasarkan prospektus SRTG yang terbit Rabu (23/1/2019), manajemen SRTG mengungkapkan bahwa tujuan penawaran tender sukarela ini karena perseroan ingin menambah kepemilikan saham pada MPMX.

Manajemen SRTG memandang MPMX memiliki rekam jejak kinerja yang baik dan sangat potensial untuk berkembang di masa mendatang. Selain itu, SRTG juga memiliki strategi untuk terus meningkatkan investasi di sektor konsumen.

Manajemen SRTG mengungkapkan, aksi penawaran tender sukarela ini juga akan menguntungkan pemegang saham MPMX lainnya, sebab mereka akan berkesempatan untuk merealisasikan keuntungan investasi di MPMX, sebab harga yang ditawarkan oleh SRTG berada di atas harga pasar terkini.

Adapun, hingga perdagangan kemarin, saham MPMX ditutup pada level Rp905 per saham. Harga saham ini masih stagnan dibandingkan dengan harga penutupan pada akhir 2018. Sementara itu, harga tender suka rela yang ditawarkan STRG adalah Rp950 per saham, atau lebih tinggi 5% dibandingkan dengan harga penutupan kemarin.

Berdasarkan perhitungan manajemen SRTG, harga Rp950 yang ditawarkan memiliki premium 7,53% di atas rata-rata harga perdagangan tertinggi dalam 90 hari kalander terakhir sebelum adanya pengumuman rencana tender sukarela ini pada 7 Desember 2018 lalu.

Harga tender ini juga lebih tinggi 90% di atas nilai nominal saham MPMX yang sebesar Rp500 per saham. Bila dibandingkan dengan harga penutupan per 6 Desember 2018, harga tender ini lebih tinggi 18,01%.

Dengan harga penawaran tersebut, artinya manajemen SRTG menyiapkan dana Rp424 miliar. Bila target 10% saham tercapai, artinya di akhir tender SRTG akan memiliki 58,6% saham MPMX.

Periode penawaran tender suka rela akan dimulai pada Kamis (24/1/2019) pukul 09.00 WIB dan ditutup pada Jumat (22/2/2019) pukul 16.15 WIB. SRTG menunjuk Indo Premier Sekuritas sebagai sekuritas pelaksana.

Nantinya, setelah proses tender ini selesai, SRTG menjanjikan dapat membantu manajemen MPMX untuk mencapai pertumbuhan yang diharapkan.

Seusai tender, SRTG dan MPMX memiliki rencana untuk menambah jumlah jajaran manajemen MPMX apabila diperlukan,  memberikan arahan dan dukungan sesuai arah bisnis MPMX, serta mengupayakan sinergi kedua pihak tanpa mengesampingkan pemegang saham minoritas kedua pihak.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kinerja emiten saratoga investama sedaya
Editor : Riendy Astria

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top