Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Minyak Tergelincir Perlambatan Ekonomi China

Harga minyak mentah turun lebih dari 1% pada perdagangan, hari ini, di tengah tanda-tanda perlambatan perekonomian China.
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 22 Januari 2019  |  21:57 WIB
Harga minyak turun - nicholloils.com
Harga minyak turun - nicholloils.com

Bisnis.com, JAKARTA — Harga minyak mentah turun lebih dari 1% pada perdagangan, hari ini, di tengah tanda-tanda perlambatan perekonomian China.

Berdasarkan data Bloomberg, pada perdagangan hari ini, Selasa (22/1/2019), pukul 17.48 WIB, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) melemah 1,49% atau turun 0,80 poin menyentuh level US$53,00 per barel. Begitu pun dengan harga minyak Brent, turun 1,61% atau 1,01 poin menjadi US$61,73.

Padahal, sejak awal tahun (year to date), harga kedua jenis minyak itu berada pada zona hijau. Tercatat, harga minyak WTI tumbuh 16,71% dan minyak Brent meningkat 14,74%.

Dikutip dari Reuters, China melaporkan pertumbuhan ekonomi terendah mereka dalam hampir 30 tahun terakhir. Seiring dengan perlambatan laju ekonomi, pada beberapa bulan mendatang, pasar tenaga kerja diperkirakan ikut melambat.

Selain China, tanda perlambatan ekonomi juga membayangi Korea Selatan. Ekonomi Negeri Ginseng itu melambat ke level 2,7% pada 2018, terendah dalam 6 tahun terakhir.

Sementara itu, dana Moneter Internasional (IMF) pada Senin (21/1) memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global 2019 menjadi 3,5 %, dari 3,7 % dalam prospek Oktober 2018.

Hussein Sayed, Kepala Strategi Pasar di broker berjangka FXTM mengatakan, angka tersebut merupakan revisi penurunan kedua dalam 3 bulan terakhir.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Harga Minyak
Editor : Gajah Kusumo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top