Tempuh IPO, Cahayaputra Asa Keramik Incar Rp60 Miliar

Produsen keramik PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk. akan melaksanakan penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) dengan melepas sebanyak-banyaknya 300 juta lembar atau 24,93% dari jumlah modal ditempatkan dan disetor perseroan setelah IPO.
Dara Aziliya | 04 Oktober 2018 18:11 WIB
Karyawan beraktivitas di dekat papan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (8/1). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA – Produsen keramik PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk. akan melaksanakan penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) dengan melepas sebanyak-banyaknya 300 juta saham atau 24,93% dari jumlah modal ditempatkan dan disetor perseroan setelah IPO.

Calon emiten tersebut menetapkan kisaran harga penawaran sebesar Rp130—Rp200 per saham. Dengan kisaran harga tersebut, perseroan berpeluang mengantongi dana hasil IPO sebesar Rp39 miliar—Rp60 miliar.

Direktur Utama Cahayaputra Asa Keramik Johan Silitonga menyampaikan perseroan akan menggunakan sebagian besar dana tersebut untuk membayar pinjaman. Adapun, perseroan menargetkan dapat memeroleh pernyataan efektif dari OJK pada 17 Oktober 2018, dan IPO pada 19—23 Oktober 2018.

“Penggunaan dana hasil IPO yaitu sebagian besarnya untuk pelunasan utang kami. Kami tetap melaksanakan IPO meski pasar fluktuatif karena ups and downs di pasar itu merupakan hal normal, kami optimistis kondisi pasar segera membaik,” ungkap Johan usai Due Dilligence Meeting di Jakarta, Kamis (4/10/2018).

Johan menyampaikan perseroan akan segera melakukan pelunasan utang tersebut untuk menurunkan beban biaya finansial perseroan. Pinjaman perseroan tersebut terdiri dari kredit investasi senilai Rp10,5 miliar dan pinjaman perbankan Rp8,5 miliar.

Secara rinci, perseroan akan mengalokasikan 38% dana IPO untuk melunasi fasilitas kredit bank, 20% untuk pelunasan mesin speed dryer dan instalasinya, 6% akan digunakan untuk penyelesaian pembangunan gedung produksi, sedangkan sisanya untuk tambahan modal kerja.

Selain akan melepas 300 juta saham, perseroan juga akan memberikan waran seri I secara cuma-cuma dengan rasio sebesar 4:1, yaitu setiap pemegang 4 saham baru akan mendapatkan 1 waran seri I yang dapat ditukarkan dengan 1 saham baru. Kisaran harga pelaksanaan waran yaitu Rp150—Rp220.

“Waran tersebut kami berikan sebagai sweetener sehingga investor akan mendapatkan gain dari saham, dan dari waran,” ungkap Director of Investment Banking PT Buana Capital Sekuritas, Ratna Karim. Buana Capital Sekuritas merupakan penjamin pelaksanaan efek IPO Cahayaputra Asa Keramik.

Tag : ipo
Editor : Ana Noviani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top