PREDIKSI KURS RUPIAH 8 JUNI, Simak Pemaparan Ekonom Ini

PT Samuel Sekuritas Indonesia memperkirakan kurs rupiah atas dolar Amerika Serikat pada perdagangan hari ini, Jumat (8/6/2018) bergerak melemah.
Linda Teti Silitonga | 08 Juni 2018 08:00 WIB
Karyawan menghitung lembaran uang rupiah dan dolar. - JIBI/Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA— PT Samuel Sekuritas Indonesia memperkirakan kurs rupiah atas dolar Amerika Serikat pada perdagangan hari ini, Jumat (8/6/2018) bergerak melemah.

“Rupiah kemungkinan melemah (dan pada perdagangan hari ini diprediksi bergerak di kisaram) level Rp13.865-Rp 13.915 per dolar AS,” kata Ahmad Mikail, ekonom PT Samuel Sekuritas Indonesia seperti dikutip dari risetnya yang diterima pagi ini, Jumat (8/6/2018).

Dia mengemukakan indeks dolar AS memang diperkirakan masih melanjutkan pelemahannya pada perdagangan hari ini, dan diperkirakan bergerak di kisaran level level 93,0-93,5 terhadap sejumlah mata uang utama dunia, terutama euro.

Seiring makin kuatnya sinyal dari bank sentral Eropa (ECB) untuk menghentikan stimulus moneternya pada tahun ini terhadap pembelian obligasi senilai US$35 miliar.

“Kemungkinan ECB akan melakukan rapat minggu depan untuk membahas mekanisme penghentian stimulus tersebut,” kata Mikail.

Di saat yang sama yield US Treasury kembali melemah sebesar 5 bps ke level 2,93%, didorong kekhawatiran investor atas risiko yang naik di pasar surat utang negara-negara berkembang, terutama Brasil yang memiliki rasio utang cukup tinggi terhadap PDB (74%) jelang kenaikan tingkat suku bunga di AS.

Hal tersebut mendorong investor memindahkan sejumlah dananya ke aset berbasis dolar.

“Rupiah sendiri kemungkinan akan melemah terhadap dolar, sebagai dampak dari efek tersebut,” kata Mikail.

Seperti diketahui pada penutupan perdagangan Kamis (7/6/2018), rupiah ditutup melemah 22 poin atau 0,16% di Rp13.875 per dolar AS.

Tag : Gonjang Ganjing Rupiah
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top