Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tersengat Kenaikan Harga Batu Bara, Semen Baturaja (SMBR) Siap Akuisisi Tambang Tahun Ini

PT Semen Baturaja (Persero) Tbk. tengah mempersiapkan rencana akuisisi tambang baru untuk menekan biaya energi yang menggerus keuntungan perusahaan pada 2017.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 06 Februari 2018  |  19:40 WIB
Tersengat Kenaikan Harga Batu Bara, Semen Baturaja (SMBR) Siap Akuisisi Tambang Tahun Ini
Direktur Utama PT Semen Baturaja Tbk Rahmad Pribadi menjawab pertanyaan wartawan , saat berkunjung ke Kantor Bisnis Indonesia, Jakarta, Jumat (19/5). - JIBI/Endang Muchtar
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Semen Baturaja (Persero) Tbk. tengah mempersiapkan rencana akuisisi tambang baru untuk menekan biaya energi yang menggerus keuntungan perusahaan pada 2017.

Direktur Utama Semen Baturaja Rahmad Pribadi menjelaskan bahwa sepanjang tahun lalu kenaikan harga batu bara mencapai 50%. Padahal, komponen biaya pembelian batu bara mencapai 30%-40% dari pengeluaran perseroan.

Rahmad mengatakan kondisi tersebut memberikan efek domino terhadap biaya produksi. Oleh karena itu, perseroan melakukan efisiensi dengan menggencarkan penghematan energi dengan penggunaan batu bara yang berkalori lebih rendah.

Dia menyatakan untuk menekan biaya energi pada 2018, perusahaan tengah mengkaji opsi akuisisi sejumlah tambang batu bara di Sumatra Selatan. Pihaknya menargetkan proses tersebut dapat selesai pada tahun ini.

“Kita berharap akuisisi tambang batu bara akan bisa menekan biaya batu bara 30%-50%,” jelasnya kepada Bisnis.com, Selasa (6/2/2018).

Kendati demikian, Rahmad belum menyebut berapa dana yang disiapkan untuk rencana aksi korporasi tersebut. Emiten berkode saham SMBR itu kini tengah mengkaji sejumlah perusahaan yang bakal diakuisisi.

Selain mengkaji rencana akuisisi, SMBR juga tengah bersiap menerbitkan surat utang jangka menengah (MTN) pada kuartal I/2018 senilai Rp400 miliar. Tujuannya, sebagai sumber pendanaan belanja modal perseroan tahun ini yang dianggarkan Rp1 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

semen baturaja
Editor : Riendy Astria
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top