Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Posisi Minyak Mentah Dunia Berpotensi Bearish

Harga minyak mentah dunia diprediksi mengalami bearish dalam jangka pendek seiring dengan pulihnya jalur pipa minyak di Libya dan jaringan pipa Forties di North Sea.
Kilang minyak di sumur wilayah kerja Indonesia./JIBI
Kilang minyak di sumur wilayah kerja Indonesia./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA – Harga minyak mentah dunia diprediksi mengalami bearish dalam jangka pendek seiring dengan pulihnya jalur pipa minyak di Libya dan jaringan pipa Forties di North Sea.  

Terpantau, pada pagi dini hari, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) dan Brent cenderung bergerak stabil, namun mengalami pelemahan. Harga WTI melemah tipis 0,01 poin atau 0,02% menjadi US$60,36 per barel pada pukul 11.07 WIB di New York Merchantile Exchange.

Adapun harga minyak Brent turun 0,07 poin atau 0,11% menuju US$66,50 per barel pada waktu yang sama di ICE Futures Europe yang berbasis di London.

Dilansir dari Bloomberg, perbaikan pipa Libya ang rusak pada 26 Desember lalu telah selesai pada Sabtu (30/12) dan pengiriman minyak ke terminal es sider sudah dilanjutkan.

Adapun sistem pipa Forties North Sea sebagai patokan untuk perdagangan minyak di Eropa, Timur Tengah, Afrika, dan Asia telah beroperasi penuh setelah ditutup awal bulan lalu. 

Analis Monex Investindo Futures Faisyal mengatakan, pulihnya jalur pipa di Libya serta North Sea berpeluang menjadi katalis negatif bagi harga minyak.

Namun, dengan masih berlangsungnya pengurangan produksi oleh para produsen top dapat menahan penurunan lebih dalam.

Oleh karena itu, Faisyal memprediksi minyak akan mengalami bearish dalam jangka pendek, namun pelemahannya tidak terlalu dalam.

“Minyak mengincar level support terdekat di US$60,20 per barel. Menembus ke bawah dapat mendorong penurunan lebih lanjut ke level US$59,80 per barel,” kata Faisyal dalam publikasi risetnya, Rabu (3/1/2018).

Pekan ini, perhatian pelaku pasar akan tertuju pada laporan cadangan minyak AS yang akan dirilis oleh American Petroleum Institute (API) dan Energy Information Administration (EIA). Apabila penurunan cadangan minyak AS tidak terjadi, maka harga akan lebih terkoreksi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper