Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MOODY'S Naikkan Peringkat Utang Chandra Asri (TPIA)

Lembaga pemeringkat Moodys Investor Service menaikkan rating PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (TPIA) dari B1 menjadi Ba3. Moody's juga memberikan outlook stabil untuk perseroan.
PT Chandra Asri Petrochemical Tbk/Istimewa
PT Chandra Asri Petrochemical Tbk/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Lembaga pemeringkat Moody’s Investor Service menaikkan rating PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (TPIA) dari B1 menjadi Ba3. Moody's juga memberikan outlook stabil untuk perseroan.

Vice President dan Senior Credit Officer Moodys Brian Grieser mengatakan, penaikan rating Chandra Asri merefleksikan peningkatan margin, arus kas, pengurangan utang dan profil likuiditas yang semakin luas dan berkelanjutan sejak proyek ekspansi cracker pada akhir 2015.

Dia mengungkapkan, proyek ekspansi cracker tersebut manambah kapasitas etilena dan propilena yang cukup signifikan pada 2016. Moody's berharap dengan adanya proyek tersebut dan proyek lain yang tengah berjalan bisa memberikan margin yang jauh lebih baik dan arus kas yang lebih baik di tengah penurunan siklus industri petrokimia.

Menurut Moody's, penyebaran produk tersebut akan ketat dalam 2 tahun mendatang seiring dengan bertambahnya kapasitas petrokimia secara global. Namun demikian, penyebaran produk olefin dan polyolefin serta stock naphtha dari Chandra Asri harus tetap berada di level perseroan bisa menjaga margin EBITDA sekitar 20% dalam 12 hingga 14 bulan mendatang, atau turun dari 28% dalam periode 12 bulan yang berakhir 31 Maret 2017.

“Peringkat Ba3 merefleksikan perbaikan pada neraca Chandra Asri, terutama pada peningkatan saldo kas dan tingkat utang yang lebih rendah, yang mana bila digabungkan dengan EBITDA yang meningkat secara substansial,” katanya dalam keterangan resminya, Kamis (3/8/2017).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Lukas Hendra TM
Editor : Achmad Aris

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper