Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TRANSAKSI AFILIASI: Waskita Karya (WSKT) Pinjami Cucu Usaha

Korporasi konstruksi dan investasi milik negara, PT Waskita Karya (Persero) Tbk., memberikan pinjaman senilai Rp560 miliar kepada cucu usahanya, PT Sriwijaya Markmore Persada.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Korporasi konstruksi dan investasi milik negara, PT Waskita Karya (Persero) Tbk., memberikan pinjaman senilai Rp560 miliar kepada cucu usahanya, PT Sriwijaya Markmore Persada.

Pinjaman itu diberikan oleh emiten berkode saham WSKT itu melalui anak usahanya, PT Waskita Toll Road. Waskita Toll Road merupakan perusahaan yang memegang 98% saham Sriwijaya Markmore Persada (SRIMP), badan usaha jalan tol yang mengelola ruas Kayuagung-Palembang-Betung.

Manajemen Waskita Karya menyatakan latar belakang dilakukannya transaksi antara Waskita Toll Road dan SRIMP adalah untuk memberikan pinjaman pemegang saham.

"Dengan adanya pinjaman pemegang saham tersebut bagi SRIMP diharapkan SRIMP dapat memaksimalkan kinerja usahanya dan diharapkan akan memberikan nilai tambah bagi pemegang saham SRIMP termasuk perseroan sebagai pemegang saham WTR," paparnya dalam keterangan tertulis, Kamis (1/8/2017).

Menurut analisa kewajaran, dalam jangka panjang rencana pemberian pinjaman ini akan memberikan dampak yang
positif bagi WTR yang dapat terlihat dalam incremental analysis berupa pendapatan terhadap bunga sebesar 17% per tahun selama masa jangka pinjaman.

"Analisis berdasarkan perbandingan tarif bunga pinjaman yang diberikan dengan tarif bunga pinjaman investasi yang berlaku di pasar. Tarif bunga pinjaman yang diberikan kepada perusahaan sebesar 17% ini lebih besar bila dibandingkan dengan rata-rata bunga pasar sebesar 11,08%," papar analisa yang dilampirkan oleh Waskita Karya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yodie Hardiyan
Editor : Achmad Aris

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper