Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indeks Stoxx Europe 600 Melemah Hari Keempat

Pergerakan bursa saham Eropa berakhir melemah untuk hari keempat berturut-turut, seiring penurunan kinerja saham perbankan dan bahan kimia yang membebani reli pada emiten teknologi.
Bursa Eropa/Reuters
Bursa Eropa/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Pergerakan bursa saham Eropa berakhir melemah untuk hari keempat berturut-turut, seiring penurunan kinerja saham perbankan dan bahan kimia yang membebani reli pada emiten teknologi.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup melemah 0,34% atau 1,29 poin ke posisi 379,37 pada perdagangan Jumat (30/6/2017).

Saham pemberi pinjaman menjadi penekan terbesar kedua terhadap pergerakan indeks.

Seperti dikutip dari Bloomberg (Senin, 3/7/2017), komentar bernada hawkish dari sejumlah pejabat bank sentral membingungkan para investor pekan lalu sehingga memicu aksi jual pada kedua ekuitas tersebut dan pasar obligasi.

Sementara itu, melemahnya saham Bayer AG menyeret saham bahan kimia lebih rendah. Saham Bayer anjlok 4,2% setelah menyatakan rencana untuk mengurangi penjualannya serta memangkas proyeksi laba untuk tahun ini akibat jumlah penimbunan yang tinggi atas produk-produk tanamannya di Brasil.

Dengan demikian, indeks Stoxx 600 telah turun 2,1% pekan lalu, penurunan terbesar dalam lima bulan sejak November. Namun, indeks masih mencatatkan kenaikan sebesar 5% sepanjang paruh pertama tahun ini.

“Meskipun mengalami penurunan akhir-akhir ini, dana ekuitas Eropa telah membukukan arus masuk investasi bersih sebesar US$2,4 miliar sepanjang pekan hingga 28 Juni, sekaligus menandai 14 pekan berturut-turut aliran masuk untuk wilayah tersebut,” papar ahli strategi Bank of America-Merrill Lynch, mengutip data EPFR Global

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper