Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nirvana (NIRO) Akuisisi Mal Gorontalo Rp48 Miliar

PT Nirvana Development Tbk melalui anak usahanya PT Nirvana Wastu Prataa mengakuisisi kepemilikan Mall Gorontalo, pusat perbelanjaan satu-satunya di provinsi Serambi Madinah.
Suasana di Mall Gorontalo
Suasana di Mall Gorontalo

Bisnis.com, MANADO -- PT Nirvana Development Tbk melalui anak usahanya PT Nirvana Wastu Pratama mengakuisisi kepemilikan Mall Gorontalo, pusat perbelanjaan satu-satunya di provinsi Serambi Madinah.

Timothy Alamsyah, Direktur Keuangan Nirvana Development mengatakan nilai akuisisi pemilikan 100% saham PT Primerindo Kencana - pemilik Mall Gorontalo - mencapai Rp48,7 miliar. Akuisisi ini sekaligus menjadi akuisisi pertama di 2017 dan membuat portofolio pusat perbelanjaan perusahaan bersandi saham NIRO itu bertambah menjadi 14 mal.

"Akuisisi ini menguntungkan bagi Nirvana Wastu kencana yang sedang mengembangkan pusat perbelanjaan di seluruh Indonesia sekaligus menambah perfora keuangan dari Nirvana Development," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis.com, Rabu (7/6/2017).

Untuk diketahui, Mal Gorontalo memiliki luas area sewa bersih atau net leasable area 20.500 m2. Penyewa utama di mal ini antara lain Hypermart, Matahari Department Store, Cinema XXI, dan Funworld. Selain mal, akuisisi 100% saham Primerindo juga membuat NIRO memiliki Hotel Maqna, hotel bintang satu-satunya di Gorontalo.

Total nilai aset kotor dari Mal Gorontalo dan Hotel Maqna mencapai Rp209 miliar dengan pendapatan operasional bersih mencapai Rp26 miliar. Sebanyak 60% berasal dari mal sedangkan sisanya dari hotel.

Berdasarkan laporan keuangan (tidak diaudit), per Maret 2017 pendapatan NIRO mencapai Rp76 miliar atau tumbuh 32% secara tahunan. Adapun sepanjang 2016 NIRO meraup pendapatan Rp263,63 miliar atau turun 48%. Penurunan disebabkan karena pada 2016 perseroan tidak lagi membukukan pendapatan dari penjualan kavling. Tanpa memperhitungkan penjualan kavling, pendapatan NIRO naik 40%.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rivki Maulana
Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper